Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Unik, Yamaha Scorpio Berubah Jadi Royal Enfield Rusty Style!

billy - Sabtu, 21 Juni 2014 | 16:51 WIB
Yamaha Scorpio modif karat
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio modif karat

Yamaha Scorpio modif karat
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio modif karat
Yogyakarta – Inspirasi modifikasi motor memang tak terbatas. Contohnya seperti Yamaha Scorpio lansiran 2002 milik Agung Budi Triyono yang diberi nama El Sekarep.
 
Arah modifnya bukan mengarah ke motor sport turing berfairing ataupun naked dengan kaki limbah bro. Namun lebih pede mengarah ke motor klasik.

“Sesuai jiwa bro, suka motor klasik. Inspisrasinya dari motor Inggris Royal Enfield. Walaupun klasik tampilannya harus tetap up to date,” yakin modifikator helm bernama The Djoeragan Helm Lawas yang buka gerai di jalan Zeni, Tentara Pelajar, Yogyakarta tersebut.

Yup, up to date karena desain yang dipilih adalah Royal Enfield tipe Classic yang masih diproduksi hingga saat ini.

Yamaha Scorpio modif karat
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio modif karat

Yang pasti sosok Scorpio pergi jauh. Yang tertinggal hanya mesin dan dudukan mesin serta sudut komstir. Bagian itu selanjutnya dirangkai dengan sasis anyar berbahan pipa seamless yang dibentuk menyerupai motor rujukan. Proses itu, kata Agung dilakoni di bengkel Sorpelem Garage.

Karena fungsinya sebagai tunggangan harian, sasis buritan anti rigid. Tampak sokbreker stereo YSS tertanam. Pun joknya yang single seater mirip jok Vespa juga diberi per. "Jadi nyamanlah kalau didudukin. Kalau sokbreker depan pakai Byson tuh," ungkapnya.

Tangki dan sepatbor juga custom berdasar motor rujukan. Pada spatbor depan, tertanam pula dudukan plat nomor. Posisinya pas di tengah permukaan sepatbor, menjadi saja salah satu ciri motor klasik. Pun panel bawah jok, bagian itu juga menjadi tempat tool kit.

Yamaha Scorpio modif karat
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio modif karat

Yang paling ekstrem adalah semua komponen bermaterial metal tanpa tersentuh cat. Memang sengaja, bukan karena enggak sanggup bayar jasa ngecat. “Konsep 'rusty' memang sengaja ditampilkan. Tujuannya supaya motor terlihat lawas. Cocok dengan roh nya El Sekarep,” yakin Agung pentolan De kastem Yogyakarta itu.  (motor.otomotifnet.com)

Data Modifikasi
Ban : Swallow 212 4.00-R18 (depan belakang)
Pelek : Champ R18x3.00 (depan), R18x3.00 (belakang)
Sokbreker depan    : Byson
Sokbreker belakang : YSS
Headlamp : Triangle lamp
Stoplamp : Variasi
Sein : CB

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa