Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha X-Ride, Pemicu Doyan Modifikasi!

Dimas Pradopo - Rabu, 28 Mei 2014 | 11:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bandung - Yamaha X-Ride keluaran 2013 ini, memang bukan motor pertama yang dimiliki Sigit Purwanto. Beberapa kali pria akrab disapa Jay itu, memiliki motor dari tipe yang bukan skutik.

Punya tunggan non skutik, Jay enggak punya hasrat buat melakukan modifikasi. “Tapi saat punya X-Ride, enggak pakai basa-basi lagi. Langsung doyan melakukan modifikasi,” katanya.

No caption
No credit
No caption

Memiliki DNA sebagai skutik dual purpose, maka tampilan supermoto yang dipilih. Tapi jiwa bertualang plus bermain lumpur, yang kemudian mengubah tampilan X-Ride.

Berpaling dari tampilan modifikasi supermoto, mau tidak mau Jay melengserkan aksesori pendukung yang sudah dipasang. Besarnya teman yang main lumpur dan komunitas trail adventure off-road di Bandung, dijadikan alasan kuat untuk mengubah tampilan.

No caption
No credit
No caption

Setang lebar, agar bisa handling lebih agresif

Tongkrongan bukan jadi langkah awal yang dilakukan saat memodifikasi X-Ride jadi tunggangannya untuk main lumpur. Upgrade kapasitas mesin dengan memasang piston berdiameter 58 mm yang kali pertama dilakukan Jay.

“Memang dengan mesin standarnya saja, X-Ride sudah bisa diajak main lumpur dengan tingkat kesulitan yang lumayan. Tapi alangkah lebih afdol, bila performa mesin di upgrade,” kilahnya.

No caption
No credit
No caption

Roll bar biar sasisnya kuat buat main lumpur


Baru kemudian modifikasi dilanjutkan dengan seting bagian kaki-kaki. Pelek ukuran 17 inci di depan dan tetap 14 inci di belakang, langsung jadi pilihan ubahan sektor ini.

Namanya juga mengawali modifikasi untuk adventure off-road, maka dipilih ban tahu yang harganya enggak bikin kantong jebol. “Baru setelah benar-benar turun di lumpur dan sering, ban ganti dengan yang lebih mumpuni,” papar ketua Xriders Bandung, komunitas penyuka adventure off-road dengan X-Ride.


Knalpot Kawasaki KLX150S, dimodifikasi agar pas dengan setingan mesin


Jatuh bangun, sudah jadi makanan dan tradisi bagi yang melakukan adventure off-road. Dengan alasan itu, maka sasis X-Ride diperkuat dengan memasangkan roll bar di tengah-tengah.

Biar enggak terlalu banyak cerita, seprti ini tampilan X-Ride milik Jay. (motor.otomotifnet.com)

Data Modifikasi :
Ban : Duro
Sok Belakang : Standar
Roller : CLD
Per CVT : CLD
Knalpot : Kawasaki KLX
ECU : Juken

 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa