Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Blade, Setingan Balap Beda Karakter!

billy - Kamis, 19 Desember 2013 | 15:33 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Depok - Tak hanya Honda Blade tunggangan Owie Nurhuda yang mengalami peningkatan performa. Rekan satu timnya di Honda Cargloss AHRS IRC, yakni Oki Ristan juga mengalami hal yang sama. Memang mereka berdua berasal dari Jabar, namun berbeda karakter. Owie ingin mesin motornya galak dari putaran mesin tengah sampai atas.

“Sementara Oki, ingin setingan motornya ngisi dari bawah tengah sampai atas,” ungkap Hasyim Soenedi, mekanik dari tim yang markasnya di Depok, Jabar itu.

No caption
No credit
No caption

Sok belakang Showa, rebound dibikin lembut
Agar karakter mesin Honda Blade sesuai keinginan Oki, maka ada beberapa hal berbeda yang diterapkan. Profil kem berdurasi besar (276°), yang diandalkan untuk mesin milik Oki.

Dengan profil kem besar, maka asupan bahan bakar dari karburator berlabel AHRS harus disesuaikan kebutuhan dan keinginan pembalap. “Pada intinya pilot jet dibuat lebih kecil dari milik Owi. Ukuran pastinya lupa, tapi yang jelas 2 angka dari setingan karburator Owie,” kata Hasyim.

Mengecilkan angka pada pilot jet, maka diameter pipa knalpot juga ikutan dimainkan. Dengan tetap menggunakan silencer AHRS F4, tapi diameter pipa yang dipakai 26mm.

No caption
No credit
No caption

Ukuran diameter pipa knalpot yang sekarang dipakai, bukan langsung ketemu dan pas. Beberapa kali tim mekanik AHRS melakukan riset.

“Pernah pakai yang ukuran 24 mm dan hasilnya power atasnya malah diam. Jadinya riset lagi dan baru ketemu yang sesuai di diameter 26mm,” tutur pria ramah ini.

Ingin performa motornya ngegigit dari putaran mesin bawah sampai atas, maka dibutuhkan juga suspensi yang mumpuni. Tentu agar motor enggak liar saat masuk dan keluar tikungan.


Knalpot AHRS F4, diameter pipanya dimodifikasi. Karburator merek AHRS andalan suplai bahan bakar.
Karakter Oki, membuat setingan suspensi sok Kayaba di depan dan Showa di belakang butuh penyesuaian. Dipasang setingan rebound lembut, untuk mengatasi gaya balap Oki.

Beberapa memang ada perubahan antara setingan motor buat Oki dengan buat Owie. Tapi ada banyak juga yang enggak perlu diubah alias ke-2 motor tersebut memiliki setingan yang sama. Seperti pada pemakaian CDI yang sama-sama berlabel BRT, pelek dari AHRS sendiri dan beberapa hal lainnya. Angin segar tentu berembus dari tim balap yang dimiliki Asep ‘Juragan’ Hendro, dengan hasil akhir tahun positif yang sudah ditorehkan. (motor.otomotifnet.com)


Data modifikasi:
Ban: IRC Fasti1
Pelek: AHRS
Karburator: AHRS
CDI: BRT
Sok Depan: Kayaba
Sok Belakang: Showa
Knalpot: AHRS

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa