Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Multitech Motorbike Injection Cleaning Tools, Cuma 15 Menit Bersihkan Mesin

Otomotifnet - Selasa, 7 Juli 2015 | 12:40 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Injektor merupakan salah satu komponen fital pada motor injeksi, makannya peranti ini juga butuh perawatan khusus. Alatnya pun biasanya hanya dimiliki dealer resmi, hal ini kadang membuat pemilik motor enggan melakukan perawatan karena harus antre atau jauh dari tempat tinggalnya.

Tapi dengan hadirnya alat khusus Multitech Motorbike Injection Cleaning Tools ini, ke bengkel-bengkel umum pinggir jalan, juga bisa melakukan servis injektor. “Motor yang sudah enggak bertenaga, akan pulih kembali,” ujar Christian Davidson Kondoy, Sales Manager PT Welty Mega Sejahtera (WMS). Seperti halnya pembersih injektor yang dimiliki dealer resmi.

Alat ini juga mampu membersihkan karbon yang melekat pada ruang bakar. “Sekaligus mampu membersihkan valve dari timbunan atau endapan karbon yang melekat,” imbuh Christian. Pria yang ngepos di Green Sedayu Biz Park, Jl. Daan Mogot Raya Jakbar ini menganjurkan agar servis atau bersihin injektor ini setiap menempuh jarak 10.000 km dan kelipatannya.

Satu botol berisi 150 ml cairan pembersih yang bisa digunakan selama 30 menit.  Untuk motor matik cukup 10 menit (3 kali pakai), untuk motor bebek 15 menit (2 kali pakai) dan untuk motor sport satu botol sampai habis,” imbuh Christian. Bagaimana cara instalasi dan proses kerjanya, berikut dipratkikkan pada Honda Revo FI.

“Yang pasti untuk pasang alatnya kurang lebih hanya butuh waktu 10 menit, sedangkan proses kerja alat antara 15-30 menit,” yakin Christian. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

1. Langkah awal siapkan cairan chemical Multitech dan alat. Hubungkan drat botol dengan alat dari sisi atas. Untuk mengencangkan diputar ke arah kanan (searah putaran jarum jam)

No caption
No credit
No caption

2. Kemudian buka konektor slang output bensin dari pompa bensin yang menempel pada tangki bensin. Cukup dicungkil menggunakan obeng min (-).

No caption
No credit
No caption

3. Selanjutnya hubungkan slang output yang terlepas tersebut tersebut ke nipel alat hingga bunyi ‘klik’ yang menandakan konektor sudah terkunci.

No caption
No credit
No caption

4. Jangan lupa siapkan slang bensin tambahan yang dihubungkan ke jalur output pompa bensin menuju lubang pengisian tangki bensin. “Fungsinya sebagai slang return bensin. Jadi saat mesin nyala, pompa bensin tetap bekerja memompa bensin, tapi bensin tersebut dimasukkan kembali ke tangki,” tukas Christian

No caption
No credit
No caption

5. Langkah selanjutnya buka cairan Multitech yang sudah terhubung dengan alat dengan cara memutar scruw yang berada di bawahnya, ke arah kanan. Akan terlihat langsung jarum pada alat bergerak ke ata menandakan cairan siap digunakan.


6. Untuk mengalirkan cairan tersebut ke mesin, buka kran berwarna merah berlawanan arah jarum jam. Selanjutnya tinggal start mesin, cairan akan dengan sendirinya bekerja membersihkan saluran bahan bakar, injektor, valve dan ruang bakar.


Estimasi Biaya Service

Bebek Skutik Rp 55-65 ribu
Sport <250 Rp 110-130 ribu
Sport >250 Rp 165-195 ribu

PT Welty Mega Sejahter 021-22522381


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa