Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Chevrolet Cruze Terbaru Diluncurkan, Hadir Dengan Apple CarPlay dan Android Auto

Selasa, 30 Juni 2015 | 09:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Detroit - Salah satu raksasa General Motors, Chevrolet, baru saja merilis sedan kompak terbarunya. Chevrolet Cruze generasi kedua ini hadir dengan tampilan yang jauh lebih segar, mesin baru, hingga sistem hiburan kabin yang dapat memutarkan Apple CarPlay dan Android Auto terbaru. 

Meskipun eksistensinya kurang besar di Tanah Air, namun Cruze berperan penting karena menjadi mobil Chevrolet dengan penjualan terbaik secara global dengan total 3,5 juta unit terjual sejak tahun 2008.

Dari luar, desainnnya terlihat jelas mengikuti desain Chevrolet terbaru lainnya seperti pada SS, Malibu, Impala hingga Volt generasi kedua. Grille kini dibuat kecil namun menyambung hingga lampu depan yang berdesain baru dengan proyektor dan DRL, sedangkan radiator grille besar mendominasi tampilan depan.
No caption
No credit
No caption

Dibandingkan generasi pertamanya, Cruze kini lebih panjang 68 mm namun tingginya lebih pendek 25 mm, hingga menghasilkan koefisien drag 0,29. Wheelbase bertambah 15,24 mm hingga memberi ruang kaki lebih besar 178 mm, namun atap menukik sedikit menurunkan ruang kepala. Berat juga berkurang hingga 113 kg.

Atap kini menukik ke belakang hingga lebih memberi kesan desain kupe sekaligus membantu segi aerodinamisnya. Bagian belakang pun terlihat lebih padat berkat bantuan desain bumper sekaligus diffuser yang sedikit memberik kesan sporty. Oh ya, kesan ini juga dihadirkan oleh pelek 18 inci berpalang 5 barunya.

Di bawah kap mesin, terdapat mesin baru 4 silinder berkapasitas 1,4 liter dengan turbocharger yang juga dilengkapi oleh teknologi direct injection, start/stop engine untuk membantu efisiensi. 

Mesin yang dihubungkan ke transmisi manual maupun otomatis 6-percepatan ini menghasilkan tenaga 153 dk dan torsi besar 240 Nm. Klaimnya, Cruze generasi kedua ini dapat menempuh 0-100 km/jam dalam 8 detik, namun tetap memberi konsumsi BBM hingga 17 km/liter.

Di dalam, aura kabin terasa lebih mewah dan modern berkat penerapan desain dual cockpit baru. Beberapa panel berkelir black piano dan polished alumunium tampak hadir di fasia tengah, setir dan beberapa tempat lainnya. Begitu juga dengan penerapan bahan soft touch pada beberapa bagian dasbor.

Sistem MyLink terbaru Chevrolet kini menempatkan layar sentuh 7 inci pada fasia tengah, dengan opsi tambahan navigasi dan layar yang lebih besar hingga 8 inci. Apple CarPlay dan Android Auto ikut hadir di Cruze generasi kedua ini, menjadikannya menjadi yang kedua mengaplikasikan kedua fitur baru ini setelah Hyundai Sonata terbaru.
 
Berkat wheelbase yang lebih panjang, kini ruang kaki belakang bertambah 178 mm hingga menjadi 917 mm. Sayangnya, desain atap menukik sedikit menurunkan ruang kepala. Sebagai penunjang keselamatan, Chevrolet menyematkan 10 airbag pada Cruze generasi kedua ini. Hadir juga fitur seperti Side Blind Zone Alert, Rear Cross-Traffic Alert, Lane Keep Assist dan Forward Collision Alert.

Chevrolet Cruze generasi kedua ini akan dibangun di pabrik GM Lordstown, Ohio Amerika Serikat dan akan mulai hadir di negara tersebut pada awal 2016. Kira-kira akan masuk Indonesia lagi enggak ya? (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa