Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ekspedisi All New Navara NP300, Nyasar Hingga Hampir Diangkut Helikopter!

Sabtu, 23 Mei 2015 | 14:19 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Aceh - Ekspedisi Tanah Rencong All New Nissan Navara NP300 kali ini, OTOMOTIFNET berkesempatan menunggangi tipe termewah All New Navara NP300 VL yang hampir dijemput Helikopter. Wah kenapa bisa?

Ekspedisi dimulai pukul 07.00 pagi (22/5) dari Takengon, Aceh Tengah, dan istirahat di Rikit Gaib pukul 14.00 siang menuju Melaboh, Aceh Barat. Diluar ekspetasi dan enggak sampe tujuan juga!

Sebenarnya sampai ke Melaboh dari Takengon hanya 4 jam. Sedangkan tim dari pengelola acara ekspedisi Tanah Rencong sudah tiba di Melaboh, ketika rombongan ekspedisi All New Navara NP300 masih di Rikit Gaib.

Tapi, disini baru namanya ekspedisi, perjalanan dilanjutkan dari Rikit Gaib dengan membelah hutan lebat tropis dan akhirnya untuk bisa sampai ke jalan aspal dan ketemu rumah penduduk di Air Merah, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat menghabiskan waktu selama 12 jam, tiba pukul 01.00 pagi saat ini (23/5).

"Mungkin kalau lewat sampai jam 01.00 dini hari, kita semua belum keluar hutan, bakalan dijemput Helikopter. Soalnya, ada yang ngabarin sudah mau memesan Helikopter dari grup event yang mengurus acara ekspedisi ini," ujar Budi Nur Mukmin, GM Marketing Product and Planning NMI.

Setelah mengelilingi Gayoh Luweh yang menjadi bagian dari kaki Gunung Leuser, diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis. Lengkap dengan trek off-road buatan alam yang dikelilingi jurang, tanjakan turunan terjal, tikungan tajam dengan partikel lumpur, bebatuan lengkap dengan hujan yang deras.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) bersama rombongan ekspedisi, dan OTOMOTIFNET berusaha menaklukan medan alam yang ada agar keluar dengan selamat. All New Navara NP300 tipe VL, yang menjadi tunggangan OTOMOTIFNET, manfaatkan fitur two whell-drive (2WD) dan four whell-drive (4WD) dengan dua pilihan four high (4H), four low (4LO) untuk melahap trek yang sangat penuh rintangan ini.

Setelah bertemu tanjakan terjal dengan partikel lumpur dan bebatuan lebih baik berhenti untuk berganti fitur 4WD, dengan memilih 4H. Transmisi tetap D, 40km/jam dengan putaran mesin 2.300 rpm, cukup tahan aja agar torsi tetap konstan jangan dimainkan gas, All New Navara NP300 melahap tanjakan terjal lancar jaya.

Begitupun, turunan tajam yang licin penuh dengan batu, jangan memilih four wheel-drive yang 4H. Jika, tidak ingin mobil meluncur layaknya ngebut di jalan tol, he..he..

Nah, OTOMOTIFNET langsung aja pindahkan ke 4LO, traksi All New Navara NP300 terasa jadi lebih stabil ketika turunan tajam. Jadi, teknologi Hill Descent Control (HDC) sudah enggak perlu diaktifkan, kalau fitur ini diaktifkan tidak berpengaruh banyak juga, soalnya 4LO sudah bekerja dengan baik.

Kesimpulan, ekspedisi di Tanah Rencong telah menambah kesan berpetualang yang seru, dan tidak dapat dilupakan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa