Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam Tool Kit, Sesuaikan Agar Tidak Slek

billy - Jumat, 6 Juli 2012 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Mobil asal pabrikan Eropa, Amerika dan Asia jelas memiliki standardisasi masing-masing. Tak terkecuali soal penggunaan mur dan bautnya. Hal ini tentu menentukan tools yang digunakan. Mobil-mobil asal pabrikan Jepang menggunakkan satuan mm (millimeter) yang merupakan satuan Standard International (SI). Sedangkan untuk mobil-mobil pabrikan Eropa dan Amerika menggunakan satuan imperial, yakni inci.

Kedua satuan ini memiliki perbedaan satu sama lain, yang terkait dengan tingkat kepresisiannya. Alhasil peruntukkannya harus disesuaikan dengan kepala baut dan mur agar tidak slek. “Memang secara kasat mata kunci dengan satuan inci dengan millimeter sama persis, namun jika dipaksa tentu bakal tidak presisi,” jelas Agung Sri Hartomo, Service Advisor dealer Mazda Suryopranoto di Jl. Suryopranoto, No. 77-79, Jakpus.

Bentuk satuan inci dapat dikenali dengan aksen penulisan ukuran 1/4, 3/8, 1/2 dan lain sebagainya. Sedangkan untuk penulisan ukuran dalam satuan millimeter diantaranya 10, 12, 14, 16 dan seterusnya. “Jika dikonversikan, keduanya memiliki perbedaan nilai di belakang nominal. Misalnya 1/4 inci menjadi 6,35 mm, kemudian untuk 1/2 inci menjadi 12,7 mm dan lain sebagainya,” beber Ahin Wijaya, dari toko perkakas Fajar Timur Automotive Tool.


Penting untuk diingat juga bahwa penggunaan kunci satuan inci juga terkadang dikombinasikan dengan satuan mm, terlebih untuk mobil rakitan Eropa. “Mobil-mobil bermerek BMW, Mercedes-Benz, Audy, Renault, Peugeot, Volvo dan lainnya ada yang mengkombinasikan kunci bersatuan inci dengan mm pada beberapa bautnya. Artinya mur dan baut yang digunakan ada yang bersatuan inci dan mm,” beber Ahin yang buka di Plaza Atrium Senen, Lt. V, Blok C 62, Senen, Jakpus.

Menurut Ahin, kombinasi penggunaan kunci ukuran inci dengan mm dapat ditemui pada seputar mesin. “Misalnya pada mobil Opel Blazer yang pada bagian baut saringan udaranya menggunakan satuan mm, sedangkan pada baut mesin menggunakan satuan inci,” katanya.

Penggunaan satuan inci juga berlaku untuk motor Harley-Davidson yang notabene-nya berasal dari negeri Paman Sam. “Coba saja di cek, dipastikan mayoritas mur dan baut yang digunakan di motor H-D mengaplikasi satuan inci,” ujar Ahin panjang lebar.

Sejumlah pabrikan kunci yang umumnya memproduksi kunci bersatuan inci antara lain Snap On, Genius, Kingsley, Irwin dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk pabrikan tools asal negara Asia, umumnya lebih banyak merilis kunci dengan satuan mm. Sebut saja Kyoto Tools, Tekiro, Wipro dan lain-lain. So, selamat berbelanja.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa