Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Sejarah Yamaha Scorpio, Penerus RX-King Bermesin 4-Tak

Dimas Pradopo - Selasa, 28 Januari 2014 | 08:09 WIB
Yamaha Scorpio King 2014
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio King 2014

Yamaha Scorpio King
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio King
Yamaha Scorpio King
Dok. Otomotifnet
Jakarta – Penggemar roda dua pasti kenal sosok gagah Yamaha Scorpio. Tetapi tak banyak yang tahu jika Yamaha Scorpio masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 2002 sebagai penerus sang legenda RX-King yang sudah hadir sejak 1983. Selain itu, Saudara Scorpio di luar negeri justru bersosok enduro  bike. Lalu bagaimana kisah motor yang sudah memiliki tiga generasi ini? Yuk, kita ulas.

Radityo A.D Brand Manager Marketing Planning & Strategy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan jika setiap model Yamaha khususnya motor sport mempunyai garis keturunan.

“Contohnya V-Ixion merupakan keturunan model balap R Series. Lalu Byson yang diambil dari FZ Series dengan DNA petarung (muscle bike). Tapi khusus Scorpio, spesial,” bukanya pada Sabtu (25/1).

Ya, Scorpio spesial karena basic DNA-nya adalah Yamaha Serow XT250 Mountain Trail merupakan garis keturunan penjelajah (Enduro Adventure Bike) yang tangguh di berbagai medan.

Mesin Scorpio yang diambil dari Yamaha Serow XT250 yang memang didesain untuk motor penjelajah sehingga memiliki torsi dan power yang baik. Selain itu, suspensi Scorpio juga mengandalkan model monocross yang dilahirkan dari dunia motor offroad.

Keistimewaan Scorpio lainnya adalah penggunaan Double Cradle Chassis dimana ide dasarnya adalah menciptakan motor dengan handling yang superior di segala medan dengan cara menggabungkan konstruksi sasis legendaris RX-King yang terbukti tangguh dan lincah di jalan raya.

“Kami mulai mengenalkan Yamaha Scorpio sebagai penerus sang legenda RX-King versi 4-tak. Untuk itu, kami coba mengusung mesin yang bertenaga dari motor enduro Serow XT250 dengan sasis double cradle yang lincah milik RX-King,” jelas Radityo.

Sampai saat ini, Scorpio telah hadir dalam tiga generasi dengan model paling favorit Scorpio Z di generasi ke-2 yang memiliki headlamp bulat. Motor tersebut mendominasi penjualan seluruh model Scorpio sepanjang masa.


Tiga Generasi Scorpio

Yamaha Scorpio King
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio King
Scorpio-G (2002-2004) : Merupakan RX-King versi 4 tak yang tenaganya bengis dan responsif seperti RX-King. Ciri khasnya lampu depannya model kotak dan tangkinya kotak seperti RX-King. Adapun mesin Scorpio-G masih diimpor utuh dari Jepang. Saat ini menjadi model yang langka karena jumlahnya hanya 10.686 atau sebesar 4,8 persen dari total motor Scorpio yang pernah diproduksi.
Yamaha Scorpio King
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio King
Scorpio Z (2005-2010) : Ada perubahan dimana tangkinya jadi modern dan revolusi bentuknya lebih berotot, bentuk lampunya jadi bulat. Perubahan ini diminati konsumen sehingga penjualannya naik 400 persen dari model sebelumnya.
Yamaha Scorpio King
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio King
New Scorpio Z (2010-2014) : Perombakan total desain bodi dimana desainnya lebih  gagah dan berotot dengan desain lampu yang iconic yang dicirikan dengan adanya mahkota (visor) juga tanda layaknya Raja dimana ada logo Yamaha di lampu senjanya yang terinspirasi dari motor besar Yamaha FZ8. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa