Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CB125, Kado Ulang Tahun Joger

billy - Kamis, 8 Maret 2012 | 11:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Nomor di tangki, tahun berdiri Joger, didukung jeroan dari Tiger
Merayakan hari jadi, bisa beragam cara. Seperti yang dilakukan Armand buat perusahaan keluarganya yang bergerak di bidang merchandise terbesar di Bali. Ya, Joger. Maka itu, Honda CB125 lansiran 1978 ini ‘disulap’ menjadi konsep flat track sebagai kado ulang tahun Joger.

“Mas Armand mempercayakan seluruh konsep ke saya. Akhirnya saya coba kembangkan ke arah flat track. Sebab di Bali sendiri, lebih banyak gaya Café Racer atau Jap’s Style,” ungkap Thinq, modifikator dari Thinq Cycle di Jl. Tukad Badung, No. 98X, Renon, Denpasar, Bali.

Dari CB125, bagian yang terpakai sebatas komstir hingga braket engine. Sisanya, Thinq bikin ulang dari ragam pipa. Misalnya, sub frame. Sasis penopang duduk pengendara itu dibuat dari pipa seamless diameter 1 inci tebal 3 mm.

Lengan ayun juga ikut dimainkan. “Bosan kalau pakai pipa bulat. Bikin ulang lagi pakai pipa baja kotak tebal 3 mm. Lebarnya 1,5 cm dan tinggi 5 mm,” sebut modifikator yang memulai workshopnya dari pacuan moge itu.


 Knalpot kiri-kanan kasih suguhan apik dari belakang (kiri)
Tapi, pipa kotak itu pun tak dibiarkan kotak. Namun bagian ujungnya agak dipapas atau dimodif agar tampil makin beda. “Kalau panjang arm-nya dibuat sama dengan standar. Jadi, wheel base tak banyak berubah,” tambahnya.

Tangki dibuat ulang dari pelat galvanis tebal 1,2 mm. Bentuknya, dipilih yang mencirikan pacuan flat track. Menurut modifikator yang gape urusan kenteng pelat buat bodi ini, tangki sengaja tak dibuat coakan. Sebab coakan buat lulut, bisanya diaplikasi di tangki Café Racer.

“Sampai berimbas ke desain warna. Mas Armand ingin ada merah dan hitam yang jadi ciri khas Joger. Sebagai pemanis, nomor start 81 di tangki mewakilkan tahun berdirinya Joger,” tutup modifikator 34 tahun itu. Happy Anniversary! (motorplus-online.com)

 DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 110/80-17
Ban belakang : Swallow 120/80-17
Pelek : Daytona 3,00x17
Kaliper depan : Nissin 6 piston
Thinq Cycle : (0361) 749-5632

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa