Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Cup Busi Baru, Tawarkan Hambatan Kecil

billy - Minggu, 18 Maret 2012 | 12:32 WIB
Cop busi
Dok. OTOMOTIF
Cop busi
Kepala busi atau cup busi kini bermunculan di pasaran. Membuat kita bertanya-tanya. Apa sih kelebihan yang ditawarkan? Jangan-jangan hanya sekadar variasi.

Pertama dan ramai di dunia internet sejak dulu yaitu merek HOL. Salah satu toko yang sudah banyak menjual tutup busi ini yaitu Xtra Ordinary Motoshop di Jl. Panjang No. 39, Pos Pengumben, Jakarta Barat.

Cup atau cop yang dijual toko digawangi Krisna itu katanya punya hambatan kecil resistannya nol kalau diukur menggunakan avometer. “Walau kenyataannya masih ada hambatan, tapi hanya seper seribu dari kepala busi asli pabrik,” jelas bro yang konsisten jualan alat-alat pengapian itu.

Kepala busi ini ada dua macam. Ada yang untuk motor bebek atau sport, ada juga yang khusus untuk matic. Desain khusus matic berbeda, terdapat kuping yang bisa digunakan untuk menahan cipratan air.

Kini muncul lagi, kepala busi yang diluncurkan produk Kawahara. Warnanya merah ngejreng membuat kita tertarik untuk melihatnya. Cup busi yang sudah diuji di balap matic dan bebek ini katanya juga sama dengan yang sudah beredar duluan. “Yaitu punya hambatan kecil,” jelas Jessy Liga Siswanto alias Coki, bos Kawahara.

Menurut Coki, cup busi hambatan kecil bagus dipakai balap. Supaya mengantarkan arus listrik dari koil menuju busi hanya sedikit hambatan.

Selain itu terbuat dari bahan silikon. Sehingga tahan panas sesuai dengan karakter motor balap yang punya temperatur tinggi. “Jadinya tidak mudah meleleh,” jelas Coki yang mulai memproduksi part untuk motor-motor cc gede macam Ninja 250R atau CBR 250R itu.

Kepala busi yang desainnya lebih mungil dari standar ini, katanya juga tahan air. Karena dibuat seret atau mendekap badan busi dengan keras. Sehingga tidak mudah disusupi air.

Selain menggunakan kepala busi variasi, satu lagi yang biasa dipakai para mekanik. Mereka memanfaatkan kepala busi motor matic. Seperti punya Mio atau Nouvo.

Katanya kepala busi matic lebih seret jika dipasang di busi motor bebek. Sehingga tidak mudah lepas ketika kena guncangan. Paling penting lagi, kepala busi matic tahan terhadap air. Tidak mudah disusupi air, tidak membuat gampang mogok.

Pastinya lagi, karena mesin matic yang ngumpet sehingga lebih panas. Sudah pasti kepala businya juga dirancang tahan suhu tinggi.

Editor : billy
Sumber : MOTOR Plus

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa