Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Dia Alasan Nissan Juke Pakai Mesin 1.500 cc

Billy - Senin, 16 Mei 2011 | 09:01 WIB

Bali - Dijual sebagai model global di banyak negara, Nissan Juke cukup digemari. Apalagi mobil berkonsep sport coupe crossover ini punya banyak pilihan mesin.

Di Eropa, mobil lima penumpang ini dibekali tiga pilihan mesin. Yaitu dua mesin bensin dan satu diesel. Mesin versi diesel memakai tipe K9K 1.500 cc DCI turbocharged common rail diesel.

Berikutnya, tertanam mesin bensin MR16DDT turbocharged 1.600 cc. Terakhir, mesin bensin bertipe HR16DE berkapasitas 1.600 cc. Tapi untuk versi Indonesia, tidak ada satupun yang dipakai. PT Nissan Motor Indonesia lebih memilih mesin HR15DE berkapasitas ruang bakar 1.500cc. Kenapa pilih mesin ini?

"Salah satunya karena tax structur. Selain itu, mesin ini harganya lebih bersahabat. Dan satu lagi, tenaga serta konsumsi bahan bakarnya sangat baik," bisik Teddy Irawan, Vice President National Sales and Marketing PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tentang mesin yang sudah lebih dulu dipakai Livina series ini.

"Tapi tidak mentah-mentah dipindahkan dari Livina. Ada beberapa pengembangan yang membuat tenaganya lebih baik dan konsumsi bahan bakarnya jadi lebih hemat," promo pria berkulit putih yang juga memberikan bocoran harga jual mobil ini tak lewat dari Rp 250 jutaan.

"Mesin ini telah mengadopsi dual injection system dan twin CVTC," rinci  Ciaki Sumi, Segment Chief Product Specialist, Nissan Motor Co. Ltd. "Transmisinya juga telah menggunakan generasi terbaru dari Xtronic CVT," lanjut pria asal Jepang ini.

Hasilnya powernya diklaim meningkat lumayan banyak. Pada kondisi standar, mesin Livina hanya memiliki tenaga 109 Dk. Sedang versi mesin yang dipakai Juke memiliki power 114 Dk dan torsi 150Nm. Mantabkan! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa