Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Raih Predikat Terhemat

Editor - Minggu, 9 November 2008 | 08:39 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Honda City

No caption
No credit
No caption

Honda CR-V

No caption
No credit
No caption

Honda Inspire


Honda Odyssey

OTOMOTIFNET - Di tengah memuncaknya isu hemat bahan bakar di seluruh penjuru dunia, Honda dinilai sebagai merek mobil dengan konsumsi BBM paling efisien tahun 2008 oleh Environmental Protection Agency (EPA). Ini lantaran rata-rata konsumsi bahan bakar seluruh produk Honda mencapai 10,03 km/liter.

Padahal enggak gampang lo menduduki peringkat bergengsi yang diraih dari hasil ujicoba lembaga standarisasi produk ramah lingkungan bentukan pemerintah Amerika Serikat (AS), sebuah organisasi yang bertugas melindungi kesehatan manusia, mencegah dan memperbaiki kerusakan lingkungan hidup.

Kontrol Ketat
Sedikit tentang EPA, lembaga ini dibentuk pada 1970 sebagai respon permintaan masyarakat akan tanah, air dan udara yang bersih. Sebagaimana kuatnya tekad masyarakat dan pemerintah AS mewujudkan lingkungan bersih, EPA melakukan riset, monitoring, pembuatan standar dan memberi dorongan agar setiap aktivitas memperhatikan kelestarian lingkungan. Mereka mempekerjakan sekitar 17 ribu orang di seluruh AS yang terdiri dari insinyur, ilmuwan hingga politisi. Jadi kontrolnya memang ketat.

Untuk bidang otomotif, EPA melakukan pengujian terus-menerus terhadap mobil-mobil yang diproduksi. Untuk pertama kalinya, pengetesan konsumsi BBM terhadap mobil-mobil keluaran 2008 dilakukan dengan metode baru yang dirumuskan sejak 2006. Yaitu dengan pengendaraan dalam kecepatan tinggi, cara mengemudi yang agresif, AC menyala dan penggunaan dalam suhu udara yang rendah.

Dengan metode ini diperoleh gambaran konsumsi BBM yang sebenarnya. EPA lalu melekatkan stiker yang menunjukkan konsumsi BBM di kaca depan sehingga calon konsumen dapat mengkomparasinya secara langsung saat hendak membeli mobil. EPA juga mengirimkan data konsumsi BBM kepada Departemen Transportasi dan Departemen Energi. Sekaligus mengumumkan daftar mobil dengan konsumsi BBM teririt dan terboros.

Hasilnya, secara menyeluruh Honda menduduki peringkat pertama dengan efisiensi tembus hingga dua digit! Selanjutnya, data EPA berturut-turut menunjukkan Toyota menempati urutan kedua dengan 9,94 km/liter, Hyundai (9,60 km/liter), Nissan (9,01 km/liter), BMW (9,01 km/liter) dan VW (8,92 km/liter). Sementara untuk kategori produk, Honda Civic Hybrid menempati urutan kedua dengan mencetak 18,23 km/liter.

Didukung Teknologi Berkualitas
Amerika Serikat memang terus mendorong produsen untuk memproduksi mobil-mobil hemat BBM. Salah satu kebijakannya yaitu mencanangkan konsumsi rata-rata mobil yang diproduksi harus mencapai 35 mil/galon atau sekitar 14,7 km/liter yang berlaku pada 2020. Sebagai produsen yang memberi konsen lebih pada efisiensi BBM, aturan ini sejalan dengan misi Honda.

Berdasarkan data EPA untuk pemakaian kombinasi highway dan dalam kota, All New Full Size Honda Accord dapat mencetak konsumsi BBM 10,5 km/liter. Honda Fit (di Indonesia diberi nama Jazz) 1.500 cc 12,85 km/liter. Honda Civic 12,47 km/liter. Lalu Honda CR-V 9,66 km/liter serta Odyssey 8,61 km/liter. Nah, dengan pengetesan secara ekstrem oleh EPA tersebut, produk-produk Honda terbukti sebagai yang terdepan dalam urusan hemat bahan bakar. Efisiensi konsumsi BBM ini pula yang dirasakan oleh banyak pemakai, termasuk di Indonesia.

Seperti diakui Armen Yuldi, presales manager sebuah perusahaan IT di Jakarta. Menurutnya, ia sangat menyukai Honda sejak masih kuliah. ”Makanya waktu diberi fasilitas mobil kantor, saya minta dikasih car loan dan saya pilih Honda Jazz. Soalnya mobilnya banyak dipakai orang dan bensinnya irit,” aku Armen. Pastinya, peringkat utama yang diberikan EPA kepada Honda, juga kepercayaan dari masyarakat luas ini didukung oleh inovasi teknologi yang diterapkan pada setiap produk Honda. Tak cuma irit, mobil-mobil Honda juga terdepan dalam hal kualitas.

Seperti yang dirasakan konsumen Tanah Air, mobil-mobil Honda sudah dilengkapi LAF (Linear Air Fuel) dan sensor O2 pada catalyst converter. Peranti ini mengatur komposisi BBM-udara demi efisiensi dan penurunan emisi. So, jangan heran kalau mobil-mobil Honda memenuhi standar emisi Euro 4. Di sisi lain, semua mobil Honda sudah mengurangi penggunaan material yang membahayakan lingkungan. Misalnya saja PVC, hexavalent chromium dan mercury. Sementara, pemakaian materi yang bisa didaur ulang terus bertambah, seperti Olefin Resin pada eksterior dan interior. Jadi, logis banget kalau mengemudi Honda sama saja dengan menggunakan produk yang hemat dan ramah lingkungan tanpa mengorbankan performa. Bukan begitu?

Peringkat Merek Mobil Paling Irit
No.               Merek                  Konsumsi BBM 

1.                  Honda                 10,03 km/liter
2.                 Toyota                  9,94 km/liter
3.                 Hyundai               9,60 km/liter
4.                 Nissan                 9,01 km/liter
5.                 BMW                     9,01 km/liter
6.                 Volkswagen         8,92 km/liter 
7.                 GM                         8,33 km/liter
8.                 Ford                      8,07 km/liter
9.                 Chrysler               8,03 km/liter

Penulis : Tim OTOMOTIF

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa