Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beda Proses Pelapisan Bright Chrome dan Hard Chrome

Editor - Selasa, 2 September 2008 | 13:09 WIB
No caption
No credit
No caption

Proses pelapisan hard chrome dan bright chrome membutuhkan perlakuan yang berbeda. Langkah awal memang sama, sama-sama dipoles pakai serbuk amril sampai benar-benar mengkilap.

Cuma bedanya untuk proses hard chrome menggunakan serbuk amril yang lebih halus agar hasil polesannya memiliki pori-pori yang lebih kecil. Ini disebabkan karena hard chrome tidak perlu melalui proses penghalusan dengan pernikel. Pada hard chrome setelah dipoles langsung dicelup ke obat chrome untuk proses pelapisan chrome.

“Kalau bright chrome setelah dipoles harus dicelup ke pernikel terlebih dahulu untuk mendapatkan permukaan yang halus. Baru setelahnya dicelup lagi ke dalam obat chrome untuk proses pelapisan chrome,” terang Anton dari bengkel chrome Sinar Karya di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat.

Tebal tipisnya lapisan chrome sangat dipengaruhi lamanya mencelupkan benda yang akan akan dilapisi chrome. Hanya bedanya pada bright chrome waktu yang dibutuhkan relatif lebih singkat. “Kalau terlalu lama bisa terbakar atau melepuh, biasanya ketebalan bright chrome hanya dipatok 0,5 mikron,” ungkap pria yang berguru ilmu chrome pada sang Ayah.

Sedang pada proses pembuatan hard chrome justru terbalik, makin lama dicelup hasilnya makin bagus dan lapisannya pun bisa lebih tebal dari bright chrome.

Secara keseluruhan lama pengerjaan hard chrome lebih panjang meski langkahnya lebih sedikit dari bright chrome, karena proses pemolesan dan pencelupannya memakan waktu lebih lama.

Untuk harga keduanya memiliki perbedaan hampir dua kali lipat. “Sebetulnya tidak ada patokan khusus, tergantung kondisi barang yang akan dilapisi chrome. Tapi sebagai gambaran, as stir mobil untuk hard chrome Rp 300 ribuan sedang bright chrome hanya Rp 175 ribuan,” tutup Anton.

Penulis/foto: Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa