Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Transmisi Baru, Kijang Innova Reborn Tak "Ndut-ndutan"

Bagja - Jumat, 13 November 2015 | 17:02 WIB
Transmisi Baru Kijang Innova Tak Lagi "Ndut-ndutan"
TAM
Transmisi Baru Kijang Innova Tak Lagi "Ndut-ndutan"

Transmisi Baru Kijang Innova Tak Lagi "Ndut-ndutan"
TAM
Transmisi Baru Kijang Innova Tak Lagi "Ndut-ndutan"
Jakarta - Pasti pernah merasakan transmisi matik Kijang Innova yang kurang nyaman saat harus menghadapi kemacetan dan stop and go, sebab hentakan dan "ndut-ndutan" masih kerap terasa, seolah tak mampu membawa bodi bongsornya.
 
Namun pada Kijang Innova terbaru, ketidaknyamanan tersebut bakal tereliminisir karena sudah ada transmisi matik terbaru yang disematkan pada Kijang Innova terbaru. Toyota Kijang Innova kini menyediakan transmisi matik 6 percepatan.
 
Dengan makin bertambahnya gigi saja, sudah bisa menjanjikan perpindahan gigi yang lebih rapat, sehingga gejala hilang tenaga saat berpindah gigi semakin tidak terasa. Akselarasi pun jadi lebih halus, meski tidak akan menyamai transmisi matik tipe CVT.
 
Belum lagi penyematan teknologi Sport Sequential Switchmatic pada transmisi tersebut. Sehingga bisa dioperasikan layaknya transmisi manual dengan menggeser tuas transmisi ke depan atau ke belakang untuk naik dan turun gigi. Akselarasi jadi bisa diatur sendiri, baik kecepatan maupun timing perpindahannya.
 
Sebenarnya ada lagi yang lebih advance, dimana justru transmisi CVT yang dilengkapi dengan Sport Sequential Switchmatic, sehingga bisa juga menawarkan transmisi seperti 7 percepatan. Toyota menyebutnya Super CVT-i (CVT with Intelligent), seperti Toyota Sienta dan Crown Super Saloon.
 
Namun, Toyota sepertinya masih mempertimbangkan biaya produksi dan juga konsumsi bahan bakar yang diharapkan jadi lebih efisien ketika teknologi transmisi 6 percepatan otomatis diterapkan pada Innova. Ya, cukup 6 percepatan, tak kurang tak lebih.
 
Hasilnya disimpulkan Toyota kalau dengan transmisi baru tersebut Kijang Innova terbaru bakal semakin 'fun to drive'. Performa tetap terjaga, minim hentakan dan ndut-ndutan, sekaligus konsumsi bahan bakar yang semkain bisa ditekan. 
 
Gear ratio transmisi Kijang Innova lama (4 percepatan AT):
1st 2,826
2nd 1,493
3rd 1,000
4th 0,730
 
Gear Ratio transmisi Kijang Innova terbaru (6 percepatan AT):
1st 3,600
2nd 2,090
3rd 1,488
4th 1,000
5th 0,687
6th 0,580
 
(mobil.otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa