Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jip Sejuta Umat Di Lereng Merapi

billy - Minggu, 8 Mei 2016 | 09:07 WIB
No caption
No credit
No caption

Yogyakarta - Daldiri, warga Pakem, Kaliurang, Yogyakarta, mengelap Jeep Willysnya. Butir-butir air di jok belakang dikeringkan. Pria yang termasuk sesepuh di wisata Gunung Merapi ini, sedang menunggu pelanggan keduanya pagi itu. 

Sesuai janji, dua keluarga berjumlah 9 orang datang tepat waktu jam 8.00 di meeting point Museum Merapi. Setelah membagi dua konsumen dengan jip kawannya, diputar kunci kontak Willys yang ternyata bermesin Toyota 7K dengan girboks 4 speed. 

Bruumm dua jip inipun menuju lereng merapi, berbaur dengan 580 jip lainnya yang liburan panjang ini menjadi kendaraan sejuta umat.

No caption
No credit
No caption
Setiap liburan panjang selalu membawa berkah bagi ‘jipers’ Merapi.

Setiap liburan panjang selalu membawa berkah bagi ‘jipers’ Merapi. Semua wisatawan baik dalam dan luar negeri tumplek-blek. Tak hanya anak-anak muda, keluarga terdiri dari anak kecil 3-4 tahun, orangtua sekitar 60 tahunan, bersuka cita naik jip lewat trek light off-road. 

Bahkan liburan kali ini banyak sekali dijumpai kelompok perusahaan hingga kelompok arisan dengan polo shirt seragam.

Teriakan kegirangan terdengar di lereng Merapi. Pasalnya banyak wisatawan berdiri di roll bar jip, merasakan goncangan dan desiran angin ala Gunung yang meletus pada 2010 lalu ini. 

Atap terbuka, hembusan angin yang sejuk, serta guncangan selama perjalanan menjadi sensasi tersendiri naik Jip di Merapi

“Sensasinya berbeda, selain naik jip di jalan yang berbatu, kami juga mencoba lewat Kali Kuning,” tutur Afinka, pelajar dari Jakarta. Kali kuning ada di desa Cangkringan yang pada beberapa areanya bisa dilalui jip. 

Lewat biaya sewa berkisar Rp 350-600 ribu tergantung rute yang dipilih, para wisatawan bisa memilih aneka jip. Selain dominasi Toyota FJ atau yang kerap dipanggil Hardtop, Willys, Daihatsu Taft GT dan Taft bensin 1979, juga bisa memilih Land Rover yang jumlahnya tak lebih dari 15 unit. 

Setiap jip bisa memuat 4 dewasa, masing-masing 3 duduk dibelakang dan depan 1 orang. Kalau mau yang berdaya angkut lebih besar, pilihan pakai Toyota FJ atau Landie sekalian.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa