Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Suzuki Swift 2008, Dari Coba Sampai Ketagihan

Parwata - Senin, 30 Mei 2016 | 07:59 WIB

Diracuni gaya drag justru bikin pria ini ketagihan main di sirkuit Sentul

Jakarta - Dari awalnya tertarik mencoba gaya stance untuk Suzuki Swift  2008 miliknya. Bergabung di komunitas Kreasi Otak Gue (KOG), ternyata justru memberi sang pemilik ide lain. “Awalnya dikasih tahu, kayaknya lebih cocok ikut drag. Nah terus saya coba deh waktu itu,” ujar Reyhan Rheza, pemilik Swift berwarna ungu tersebut.

Setelah akhirnya menetapkan ‘JDM Racing Style’ sebagai alirannya, Rheza pun mulai mencari bimbingan dan arahan dari teman-temannya yang sudah lebih dulu terjun ke dunia modifikasi. Dimulai dari eksterior, anggota KOG menyarankan tidak usah terlalu banyak ubahan karena masih dipakai harian. Alhasil, mahasiswa ini hanya memasang gril honeycomb custom, quick release untuk bumper depan dan mengutak-atik tampilan kakikaki.

“Khusus kaki-kaki saya biasa bawa ke bengkel Putra Bule Jaya Cibubur. Untuk menurunkan ketinggian, saya pakai per custom dengan sokbreker standar,” terang Rheza. Kemudian perhatian dialihkan ke mesin. Lantaran tidak mau main di kelas yang terlalu serius, ubahan dibatasi pada komponen plug and play dan sedikit custom.

Filter udara diganti jenis replacement merek K&N, sedangkan busi standar diganti iridium, agar pembakaran lebih Ban Toyo dengan flat wall dan pelek Sparco 15 inci jadi andalan untuk performa tinggi sempurna. Sistem exhaust, dibawalah ke Budi Knalpot agar pembuangan lebih lancar. “Hanya ganti muffler dan header, supaya suaranya jadi lebih sangar,” tutup pria yang berdomisili di Cibubur ini. Apa yang awalnya dimulai dari coba-coba pun berujung jadi hobi.

Kini Rheza jadi gemar membawa hatchback kecilnya tersebut ke Sirkuit Sentul dan ikut berpatisipasi drag race kelas 17 detik. “Lumayan waktu itu tercepat 17,00 naik podium juara 3, incar juara 1 selanjutnya,” tutupnya. • (otomotifnet)/Sano

Data Modifikasi  Suzuki Swift 2008

Eksterior: Custom Grille for Suzuki Swift, Quick Release Fasteners
Interior: Momo Prototipo Magnus Walker Edition Steering Wheel, 9k Racing Shift Knob
Kaki-kaki: Sparco Assetto Gara 15x6,5 PCD 4x100 mm, Toyo R1R Proxes 205/50R15, Custom Springs by Bengkel Putra “Bule” Jaya Cibubur
Audio: -
Mesin: K&N Replacement Air Filter, NGK Iridium IX Spark Plug, Header & Muffler Custom by Budi Knalpot

Plus:
- Tampilan sederhana namun kental racing looks

Minus:
-  Kalau dipasang racing seats pasti akan makin cocok

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa