Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MPV World 2016: Pakai Mesin NR Dual VVT-i, Performa dan Konsumsi Grand New Toyota Veloz Lebih Baik

Fransiscus Rosano - Senin, 11 Juli 2016 | 08:24 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Banyak yang mengira, perubahan di mesin Grand New Toyota Veloz hanya sekadar penambahan Dual VVT-i. Padahal kalau melihat data spesifikasinya, mesin yang digunakan berbeda total dibanding setiap generasi Avanza-Veloz sebelumnya.

Kebetulan, MPV nomor satu di Indonesia ini juga jadi salah satu peserta MPV World 2016. Menyalakan mesin dengan memutar kunci starternya, OTOMOTIF langsung mengenal bunyi mesinnya bukan mesin 3SZ-VE yang dari dulu digunakan oleh Toyota Avanza.

Memang benar, mesin yang sudah digunakan oleh MPV legendaris ini dari tahun 2005 ternyata sudah digantikan oleh mesin berseri NR. Namun bukan mesin NR yang digunakan Toyota Etios Valco, melainkan jenis baru yang seri besarnya, 2NR-VE, digunakan di Grand New Toyota Avanza dan Veloz 1.5.

Mesin baru ini berkapasitas 1.496 cc, tetap memiliki stroke lebih besar (72,5 mm x 90,6 mm) untuk karakter torsi yang kuat di awal dan kali ini diperkuat oleh Dual VVT-i (Variable Valve Timing Intelligence). Sedangkan tenaganya dipatok di 102 dk pada 6.000 rpm dan torsinya 139 Nm pada 4.200 rpm.

No caption
No credit
No caption
Angka rasio kompresi di 10,5:1 pada mesin baru ini juga mewajibkan Grand New Toyota Veloz menggunakan bahan bakar berkualitas, seperti Pertamax yang memiliki nilai oktan (RON) 92.

Penggantian mesin ini sangat menunjukkan efek positif, terutama di sisi performa dan konsumsi bahan bakar.

Membandingkan dengan mesin 3SZ-VE pada Toyota Avanza 1.5 keluaran 2011, Grand New Veloz lebih unggul 2,7 detik soal akselerasi dari 0-100 km/jam, dengan Grand New Veloz berhasil mencetak angka 12,4 detik. Waktu drag race 0-402 meter juga ada perbedaan 1 detik dengan Grand New Veloz mencetak waktu 18,5 detik.

Hebatnya, waktu overtake juga dipangkas sebesar satu detik meski tetap menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan yang sama. Kalau dulunya waktu 40-80 km/jam perlu ditempuh dalam waktu 6,2 detik, kini hanya butuh 5,2 detik saja.

Ada indikator Eco, makin mudah untuk mengikuti gaya mengemudi yang hemat

Tidak berbeda soal konsumsi BBM. Kalau mesin SZ pada Avanza dulunya hanya bisa menembus angka 15 km/liter saat digunakan dengan kecepatan konstan 100 km/jam, kini mesin NR pada Grand New Veloz lebih baik dengan angka 16,1 km/liter.

Artinya, setiap 100 km yang ditempuh, Grand New Veloz bisa menghemat 0,46 liter bahan bakar dibanding Avanza lawas.

Dengan kedua kelebihan tersebut, jelas Grand New Toyota Veloz 1.5 bisa jadi partner berlibur Lebaran yang tepat pada event MPV World 2016 ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa