Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Pilihan Variator Racing Untuk Vespa Sprint, Produk Lokasl Sampai Eropa

Senin, 28 November 2016 | 12:16 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pada skutik, tenaga dari mesin diteruskan melalui CVT (Continuous Variable Transmission) sebelum sampai girboks dan kemudian baru ke roda. Bagi yang kurang puas dengan performa skutiknya, bagian ini bisa diutak-atik, sebagai contoh dengan mengganti variator atau drive pulley.

Dengan mengganti variator, pengendara bisa memilih antara mencari respons akselerasi cepat atau top speed yang lebih tinggi, tidak bisa keduanya. Berikut ada pilihan variator untuk Vespa Sprint mulai dari lokal sampai eropa. (Fariz / otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

SRP
Dari segi harga yang paling terjangkau, ada pada merek SRP asal Taiwan. Merek yang disuguhkan oleh USR (Ultraspeed Racing) ini hanya dibanderol Rp 750 ribu, dan tambah Rp 50 ribu sebagai jasa pemasangan sehingga totalnya menjadi Rp 800 ribu.

Variator ini berbahan aluminium dengan proses CNC, sehingga presisi. Selain itu jalur roller lebih landai sehingga lebih cepat menggapai rpm tinggi. Variator ini lebih mengincar akselerasi, lebih cepat ketika stop and go,” buka Freddy A Gautama owner USR yang ada di bilangan Daan Mogot, Jakbar.

No caption
No credit
No caption

Seventeen Garage
Berikutnya ada buatan lokal yang ditawarkan oleh Seventeen Garage, salah satu bengkel spesialis Vespa yang ada di bilangan Grand Galaxy City, Bekasi Selatan. Variator ini dijual Rp 1 juta, sudah berikut roller 10 gram dan juga jasa pemasangan.

Variator buatan lokal ini tidak ada mereknya. Punya kemiringan yang berbeda serta jalur roller yang lebih landai. Didesain untuk mengejar akselerasi dan dengan bushing tengah kuningan,” ucap Bambang Sembodo, owner Seventeen Garage.

No caption
No credit
No caption

Malossi
Selanjutnya ada Malossi, brand yang asal Italia, sama dengan merek motornya. Jika berminat menebus variator yang satu ini jangan lupa siapkan kocek Rp 2,2 juta ditambah jasa pasang Rp 50 ribu.

Variator ini dijual sepaket dengan torque spring dan roller. Roller-nya diberikan 2 pilihan yaitu 9 gram dan 13,5 gram. Sedangkan torque spring punya spesifikasi kekerasan 2.500 rpm. Punya sudut 13,7° sehingga membuatnya lebih enak pada putaran rendah. Namun dimensi roller berbeda dengan standarnya yaitu 20 x 17, sedangkan standarnya 19 x 17,” ucap Dennil Sagita, owner Scooter VIP.

Polini
Produk ini sudah melekat dengan dunia Vespa. Dijual juga oleh Scooter VIP yang berada di bilangan Grand Galaxy City, Bekasi Selatan. Sama seperti Mallossi, variator dijual dalam bentuk paketan, bahkan Polini punya 2 pilihan paket sekaligus.

Paket pertama variator lengkap dengan flywheel, roller 12 gram serta grease khusus. “Sebaiknya pilih variator paket yang ini, karena per tidak banyak yang menjual flywheel. Selanjutnya tinggal menyesuaikan torque spring saja,” lanjut Dennil yang eksis di sosial media. Untuk paket variator ini dijual seharga Rp 2,9 juta.

Variator berikutnya tidak dilengkapi flywheel, tapi diganti torque spring yang punya kekerasan 2.000 rpm. Selain itu roller diberikan 2 pilihan, yaitu 9 gram dan 13,5 gram.

“Enaknya Polini ini dimensi roller sama dengan standar. Sehingga lebih mudah mencarinya atau malah pakai roller standarnya. Speknya punya kemiringan 14°, karakternya lebih enak pada putaran tengah ke atas,” jelas Dennil. Untuk paket dihargai Rp 2,7 juta, tapi belum termasuk jasa pasang.

Seventeen Garage: 021-82732678
Scooter VIP:
021-82733333
Ultraspeed Racing:
0817858080

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa