Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ketika BMW G 310 R Divermak Menjadi Flat Track

Kamis, 24 November 2016 | 05:59 WIB

Jepang - Apa yang dilakukan Takashi Nihira memang tidak biasa. Builder asal Jepang itu membuat sebuah konsep motor custom beraliran Flat Track dengan basis BMW G 310 R. Ya, naked sport terkecil milik pabrikan Jerman itu menjadi bahan eksperimen Nihira, saat builder lain lebih memilih line-up premium BMW Motorrad seperti R nineT, S 1000, hingga R 1200 R Roadster sebagai incaran modifikasi.

Nihira memulai proyek ini dengan membangun subframe dan swingarm baru, serta set up ulang di bagian suspensi belakang, posisinya jadi berada di bawah tangki atau tepatnya di atas mesin. Sedang rangka utama, mesin, dan suspensi depan memang sengaja tidak diubah secara radikal demi mempertahankan identitas G 310 R. 

Sesuai konsepnya, Flat Tracker yang merupakan balap di trek tanah yang datar tanpa lompatan ala motocross, Nihira membuat motor ini menjadi ramping dengan bodi alumunium dan tangki model baru. Pemilik Nihira Tokyo's Workshop menggusur roda 17 inci bawaan motor yang kemudian mencangkokkan ban keluaran Maxxis dengan diameter 19 inci dipadu pelek aftermarket, dan disc brake custom.

Tidak hanya tampilan fisik, G 310 R Flat Tracker juga terkena sedikit sentuhan untuk sektor performa. Seperti air filter bawaan dilengserkan dan diganti air filter buatan K & N. Termasuk masalah teknis, seperti pemindahan posisi pompa bahan bakar yang sekarang terletak rapi di bawah filter.

Tak hanya buat pajangan, Nihira tampaknya sudah memikirkan matang-matang agar motor ini bisa dikendarai di jalan umum. Maka itu dipasanglah lampu utama LED di bawah plat number, serta di ujung jalu setang yang berfungsi sebagai lampu sein. Tapi untuk bisa dipakai di jalan raya, perangkat legal ini perlu dilengkapi ya, karena sepertinya G 310 R Flat Tracker  belum dibekali kaca spion dan lampu belakang.  

Untuk sentuhan terakhir, Nihira memberikan warna olive green pada frame, dan putih kombinasi hitam untuk bagian bodywork. Kira-kira bakal diproduksi massal nggak ya? (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa