Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Smoke (Black) Chrome Effect, Solusi Buat Yang Anti-Krom

Parwata - Rabu, 29 Maret 2017 | 10:28 WIB

Jakarta - Biasanya aksesori krom jamak disematkan pada kendaraan, sebagai penanda varian tertinggi di kelasnya. Namun begitu, tidak semua orang suka dengan warna-warna kilau ala aksesori krom. Kini, beredar warna baru black chrome.

Ini yang kemudian membuat modifikator seperti William Harjanto dari W7 Carsmetic dan Taufik dari bengkel LM&T menawarkan solusi lain. Kreasinya adalah dengan mengganti warna dari aksesori krom dengan warna lain yang sesuai keinginan pemilik mobil.

“Paling banyak memang minta dicat hitam,” buka William, dari W7 Carsmetic di Cengkareng, Jakarta Barat. Salah satu contoh yang dikerjakan W7 ada pada Toyota Calya miliknya. Beberapa parts krom yang dihitamkan adalah lis krom rumah fog lamp dan lis krom bumper depan.

Untuk mendapatkan warna black chrome ini, cara Willam cukup simpel. Permukaan yang akan dicat, sebelumnya diampelas terlebih dahulu, baru kemudian disiram warna hitam.

Namun begitu, ada triknya. “Pernis dan cat hitam langsung dicampur. Cat hitamnya jangan terlalu banyak, sehingga hasilnya hitam transparan, mirip mobil-mobil CBU,” kekeh William.

Proses yang sama juga dikerjakan bengkel LM&T di Kemandoran, Jaksel. “Banyak orang pilih black chrome agar matching dengan tema mobil yang lebih gagah dan maskulin,” buka Opic, panggilan akrab Taufik yang lebih cenderung bilang kalau efek ini disebut smoke chrome effect.

Selain bagian-bagian krom, aksesori berbahan alumunium juga bisa dibikin brush effect. “Maksudnya, sebelum dicat, permukaan diampelas dengan teknik brush yang bagus, baru dicat smoke effect, warna tak harus hitam, bisa gold, merah, hitam, hijau atau kuning,” jelas Opic lagi.

Bicara harga, tentu tergantung dari banyaknya komponen yang dicat. “Harga mulai dari Rp 500 ribuan,” tutup William lagi. (Rendy/otomotifnet.com)

W7: 0816-1981 721
LM&T: 0877-7792 0090

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa