Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip ECU Honda CBR250RR di ARRC, Akan Dipakai di Kejurnas 250?

Antonius Yuliyanto - Jumat, 21 April 2017 | 14:51 WIB
ECU-CBR250RR-full-Adjustable-di-ARRC
Aant
ECU-CBR250RR-full-Adjustable-di-ARRC

Thailand - Di dua seri Asia Road Racing Championship (ARRC) yang sudah digelar dimana CBR250RR tampil gemilang, ECU racing yang speknya full adjustable sudah tersedia.

Posisinya tetap di bawah tangki, bentuk casingnya juga mirip standar pabrik.

Otak dari engine management yaitu ECU menurut Anggono Iriawan selaku Senior Manager Safety Riding & Motorsport PT Astra Honda Motor (PT AHM) dikembangkan sendiri oleh Honda, jadi bukan buatan HRC (Honda Racing Corporation).

Toshiyuki Inuma, President Director PT AHM, mengungkapkan ECU ini digarap oleh product R&D CBR250RR di Jepang.

ECU-CBR250RR-full-Adjustable-di-ARRC
Aant
ECU-CBR250RR-full-Adjustable-di-ARRC

Pertimbangannya karena mereka lebih paham kinerjanya terutama dengan adanya teknologi Throttle By Wire (TBW), dan lebih tahu batas maksimalnya.

Mmm... Jadi ECU dimapping biar tenaga yang keluar sampai mentok nih! Beda dengan motor harian yang masih mempertimbahkan daya tahan jangka lama.

Kerennya, tersedia beberapa pilihan mapping ECU yang bisa disimpan dan dipilih oleh sang pembalap. Tampak dari saklar lampu jauh dekat yang telah diubah fungsi ada pilihan mapping ECU A dan B pada motor Gerry Salim pada balap ARRC lalu.

A untuk basah dan B kering. Saat race 2 di Johor, Malaysia yang berlangsung panas terik, Gerry pakai mode A atau basah.

“Seperti di MotoGP, banyak pilihan untuk memberi keleluasaan pembalap sesuai kondisi di sirkuit dan strategi balapnya,” terang Anggono, mengenai tetap adanya Riding Mode ditambah pilihan mapping.

Lalu bagaimana dengan Kejurnas 250? Pada seri pertama Kejurnas Sport 250 cc putaran pertama di sirkuit Sentul (18-19/3) lalu, All New CBR250RR gagal turun balap. Penyebabnya, ketersediaan racing part yang masih minim. Salah satunya tidak adanya ECU untuk motor ini.

Lalu seri kedua? "Pasti turun dong. Soalnya dari perencanaan pengandaan spare part pendukung untuk Honda CBR250RR diharapkan sudah tersedia," ungkap Anggono.

"Sehingga seluruh tim bisa membangun motor sesuai spesifikasi yang sesuai dengan regulasi," tuturnya beberapa waktu yang lalu.

Sayangnya belum ada informasi apakah ECU dari ARRC ini yang akan digunakan tim-tim balap Honda di Indonesia untuk jadi modal balap di putaran kedua pertengahan Mei 2017 mendatang.

Kita tunggu saja. (Otomotifnet.com)

ECU-CBR250RR-full-Adjustable-di-ARRC
Aant
ECU-CBR250RR-full-Adjustable-di-ARRC

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa