Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Ride Honda New Vario FI, BBM-nya Capai 42,5 km/liter

Dimas Pradopo - Selasa, 15 April 2014 | 09:25 WIB
No caption
No credit
No caption

Grip gas diputar sedikit saja, mesin 110 cc milik Vario FI yang tanpa pendingin air itu langsung ajak pengendaranya ngacir

Ini merupakan peringatan serius bagi yang hendak boyong Honda Vario 110 FI. Jangan sampai lupa diri setelah ngegas skutik anyar keluaran PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut.
 
Buka sithik joss. Maksudnya grip gas diputar sedikit saja, mesin 110 cc milik Vario FI yang tanpa pendingin air itu langsung ajak pengendaranya ngacir.

“Performa mesinnya terutama di putaran bawah, lebih responsif dari Vario lawas dan bahkan juga dari BeAT FI sekalipun,” kata tester OTOMOTIF.

No caption
No credit
No caption

Answer back system bisa dari jarak ± 70 langkah.
Kali ini Vario anyar ini dibawa keliling jalanan di Jakarta, dengan model berkendara yang seperti biasanya setiap hari. Buka tutup gas enggak pakai diatur dan berjibaku bersama-sama pengendara lainnya di jalanan Jakarta yang macet.

Dengan kontur jalan yang halus dan macet, Vario siap diajak menyelinap di antara mobil-mobil yang berjalan pelan. Dengan bodi yang lebih ramping dari Vario lawas dan lebih besar dari BeAT, produk anyar ini lincah memecah kebuntuan di jalan raya.

Coba masuk ke jalan tikus dengan speed trap (polisi tidur) di sepanjang jalan. Ini baru terasa, bahwa suspensi depan Vario FI lebih keras.

No caption
No credit
No caption

Cukup 1 liter untuk 42,5 km
Sehingga mesti lebih ekstra hati-hati bila hendak melibas speed trap. “Sepertinya ada ubahan yang dilakukan pada sok teleskopik depan. Memang terasa keras, namun enggak ada bunyi-bunyian yang menggangu,” terang Mr. Testo.

Penggunaan lampu jenis LED pada headlamp, bikin rekan tester OTOMOTIF sempat menanyakan keberadaan bohlam di unit tersebut. Setelah tahu bahwa LED headlamp dipantulkan lewat reflektor, rekan tersebut langsung mengacungkan jempol.

Posisi berkendaranya, ternyata pas buat rider yang tingginya sampai dengan 170 cm. Maksudnya tanpa penyesuaian maju atau mundur, langsung bisa ngacir dengan Vario FI.

No caption
No credit
No caption

Sok depan terasa lebih keras

Rider dengan tinggi badan di atas 170 cm, wajib menyesuaikan terlebih dahulu posisi berkendaranya. Duduknya sedikit terlalu ke depan, lutut bisa mentok ke konsol boks.

Bagaimana konsumsi bahan bakar? Total keliling Jakarta yang dilakukan adalah 68 km. Metode penghitungan yang dilakukan adalah full to full dan Vario FI butuh 1,6 liter untuk menempuh jarak tersebut.

Pengetesan seperti pemakaian normal harian, hasilnya Vario FI bisa menempuh jarak 42,5 km untuk pengisian 1 liter bahan bakar jenis Premium. Oh ya satu lagi, jangan lupa tengok data pengetesan akselerasi dengan alat Race Logic. (motor.otomotifnet.com)

Data Test :
0-60 km/j: 6,3
0-80 km/j: 12,6
0-100 km/j: -
0-100 m: 8,3
0-201 m: 13,2
0-402 m: 21,5
Top speed: 102 km/j
(Racelogic: 97,9 km/j) 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa