Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tes Knalpot CLD Untuk Yamaha X-Ride, Tawarkan Desain Baru

Dimas Pradopo - Selasa, 1 April 2014 | 10:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Beberapa pabrikan knalpot langsung melansir produk mereka yang khusus untuk Yamaha X-Ride. Tentu itu dipicu keinginan konsumen yang ingin melakukan upgrade terhadap X-Ride tunggangannya.

Pabrikan-pabrikan yang meluncurkan produk untuk skutik dual purpose, di antaranya Kawahara, WRX, NOB1, 3D1, R9, CLD dan lain-lain. Mendongkrak performa mesin standar X-Ride yang jadi iming-iming mereka pada calon konsumen.

Soal desain secara keseluruhan, enggak jauh beda dengan saluran gas buang untuk skutik lainnya. Di mana penempatan pipanya ada di bawah rumah kipas mesin.

No caption
No credit
No caption

 Desain anyar yang lebih siap diajak adventure
Desain seperti itu, rentan mentok saat diajak adventure off-road. Tak ayal, ada pengguna X-Ride yang memodifikasi desain knalpotnya agar enggak mentok saat diajak main tanah.

Dodo Zulianto pemilik brand knalpot CLD, juga melihat kebutuhan konsumennya. Oleh karena itu, dibuat desain anyar knalpot CLD C2 untuk X-Ride yang doyan adventure off-road. “Bahannya stainless steel, dengan desain pipa yang melewati atas dari rumah kipas mesin,” jelasnya.


 Tes langsung di atas mesin dynometer Dynojet
Bagaimana performa knalpot model anyar ini? Tes performa dilakukan dengan menggunakan X-Ride bermesin standar, menggunakan bahan bakar jenis Pertamax dan menggunakan ban pacul.

Alat pengetesan, menggunakan mesin Dynojet milik Sportisi Motorsport di Jl. Tengiri, Jaktim. Beberapa kali run dilakukan, untuk mendapat di angka berapa rata-rata performa mesin X-Ride terdongkrak.

Setelah melakukan beberapa kali run, didapat hasil performa X-Ride yang sebelumnya 6,06 dk/6.500 rpm menjadi 6,23 dk/6.300 rpm. Sedangkan torsi yang didapat 7,04 Nm/6.300 rpm, dari yang awalnya 6,7 Nm/5.900 rpm.

Lumayan ada peningkatan! (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa