Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Knowledge Sandblasting, Lebih Bersih dan Melekat

Otomotifnet - Minggu, 14 Juni 2015 | 14:23 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Musuh abadi seluruh benda berbahan dasar metal dan besi adalah karat. Tapi ada salah satu cara efektif dan cepat untuk mengusir karat tersebut yaitu sandblasting. Tujuannya untuk menghilangkan material kontaminasi seperti karat, cat, garam, oli dan lain-lain. Pengertian sandblasting sendiri adalah proses penyemprotan abrasive material berupa pasir, silika, maupun steel grit.

Ditembakkan pada suatu permukaan dengan tekanan tinggi sehingga menimbulkan gesekan atau tumbukan. “Hal tersebut akan membuat permukaan menjadi bersih dan kasar. Dengan begitu cat atau krom akan melekat dengan maksimal.

Proses pengerjaannya juga lebih cepat dibanding proses menghilangkan karat atau cat dengan cairan remover,” papar Antoni, manager umum PT Davindo Jaya Sakti di Jl. Cempaka no. 88 Tambun, Bekasi Timur, Jabar.

Tingkat kekasarannya dapat disesuaikan dengan ukuran pasir serta tekanannya. Sedangkan bahan yang bisa dibersihkan dengan sandblasting yaitu logam seperti besi, alumunium, kuningan dan perunggu. “Ada dua jenis abrasive material untuk proses sandblasting, yaitu abrasive logam dan abrasive non logam.

Abrasive non logam termasuk pasir, silika, alumunium oksida, silikon, karbida, glass bead, natrium bikarbonat (baking soda), media blasting plastik, walnut shell, dan corn cob,” ujar Setio Widayanto ‘Boyo’ dari Iron Work Car & Motorcycle

“Sedangan abrasive logam antara lain steel shoot, pasir besi, wire cut carbon,” imbuh pebengkel di Jl. Swatantra IV No.50 Jatiasih, Bekasi ini. Alat yang digunakan terdiri dari kompresor, tabung penyaring udara (Airblast Breathing Air Filters), tabung penampung pasir (blast pot), selang, nosel dan helm khusus untuk dikenakan oleh sang operator sandblasting. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Tekanan pasir yang keluar bisa disetel dari nosel khusus sandblasting

No caption
No credit
No caption

Sebelum proses sandblasting,permukaan logam atau obyek dibersihkan dulu dari kotoran, minyak maupun oli

No caption
No credit
No caption

Sanblasting dilakukan diruang tertutup dan dengan alat khsusus

No caption
No credit
No caption

Tak usah khawatir permukaan logam terkikis. Nomer mesin motor matik ini masih terlihat jelas


Perbedaan sebelum dan sesudah sandblasting


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa