Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Knowledge Teknologi Knalpot Powerboom dan Megaboom, Janjikan Torsi

billy - Senin, 17 Maret 2014 | 13:40 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Istilah powerbomb dan Megabomb, tentunya enggak asing lagi di teknologi knalpot. Apalagi bagi yang punya hobi main tanah dengan motor trail.

Awalnya teknologi powerbomb maupun megabomb, diperkenalkan oleh knalpot-knalpot impor. Tapi sekarang, knalpot-knalpot lokal seperti brand CLD, SND, AHRS, Kawahara dan lain-lain juga sudah punya produk dengan teknologi tersebut.

“Teknologi tersebut, untuk mengantisipasi tendangan balik dari gas buang,” jelas Dodo Julianto dari CLD.

Ruang di dalam knalpot-knalpot seperti ini, memiliki beberapa fungsi. Seperti sebagai pre-muffler, sehingga mampu mereduksi suara yang keluar dan berikutnya adalah mampu meningkatkan volume udara yang masuk ke dalam chamber.

Saat gas buang masuk ke dalam ruang tersebut akan mengembang dan yang tadinya panas jadi dingin (kontraksi udara). Ini yang akan membuat pelepasan gas buang lebih cepat dari header.

“Pemakaian knalpot dengan powerbomb ataupun megabomb, bisa berefek pada mesin saat berputar di rpm bawah. Saat gas dibuka motor akan terasa lebih galak,” papar M. Satia dari Orca Garage, Bandung.


Memang seperti itu efek positifnya, namun hal itu enggak berimbas bagi yang masih mesin standar seperti pada Kawasaki KLX150S. “Dengan mesin seperti itu, minimal kudu ada ubahan di sektor silider head. Baru akan terasa manfaat pemakaian knalpot yang pakai,” terang makanik yang akrab disapa Tia itu.

Ubahan di bagian silinder head, juga enggak perlu terlalu ekstrem. Misalnya sampai melakukan seting ulang squis, dudukan klep, saluran in maupun ex dan pemakaian part-part racing lainnya.

Dengan melakukan penggantian noken as racing dan memperlancar saluran masuk juga buang, pemakaian knalpot berteknologi balap itu lebih terasa imbasnya. (motor.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa