Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Sokbreker Belakang Yamaha GT 125, Pakai Aksesoris Xeon RC

billy - Selasa, 11 Februari 2014 | 13:19 WIB

Jakarta - Pabrikan garputala belum lama ini mengeluarkan skutik anyar dengan kapasitas mesin 125 cc. So, pasti nongol dengan wajah baru dong! Sudah tahu belum? Yup! Yamaha GT 125, bro! Kira-kira part aftermarket-nya yang ada apa aja, ya?

“Ubahan yang paling sering dilakukan oleh pemilik besutan, yaitu sekitaran peredam kejut alias sokbreker belakang. Selain menambah penampilan, handling terasa lebih enak atau rebound-nya soft,” papar Koh Apin, owner Surya Motor daerah Ciledug, Tangerang, Banten, Jabar.

Buat ragam dan merek cukup banyak, bro. Bingung buat pilih sok mana yang cocok dan bagus? Sebelumnya harus tahu ukurannya, berapa cm sih panjang sok belakang orisinalnya?



Panjang sok GT 125 sama dan bisa pakai sok aftermarket punya Xeon lama. Buat yang ingin terlihat tinggi, pilih merek Yoshimura atau Showa panjangnya 320 mm.
 
“Ukuran atau panjang dari sok Yamaha GT 125 itu sama dengan Xeon sebelumnya. Diukur dari lubang baut sok atas sampai bawah, yakni 297,5 mm. Jadi, masih bisa menggunakan peranti dari Yamaha Xeon karbu atau Xeon RC,” ungkap Slamet, Yamaha Technical Academy (YTA) PT YIMM.

Maka, peranti aftermarket GT125 bisa pake part Xeon lama. Mereknya, ada YSS Hybrid, Yoshimura, Yoko, DBS, G@zi dan lainnya.

 
Kisaran harga mulai dari Rp 185 ribu sampai jutaan. Modelnya juga ada yang ulir dan tabung. Tinggal sesuaikan keinginannya.

Sok merek YSS Hybrid bisa disetel buat empuk atau keras. Ragam peranti tersebut ada yang model tabung, tapi sedikit penyesuaian di sepatbor belakang.
 
Buat yang ingin mengaplikasikan peredam kejut model tabung ada sedikit penyesuaian.
 
Yaitu, sisi kanan sepatbor belakang kudu coak sedikit biar gak mentok dan terlihat pas.

“Selain itu, panjangnya berbeda dari bawaan pabrik, yakni 320 mm. Sehingga tampilan buntut terlihat agak tinggi. Apalagi yang menggunakan pelek dengan ring 17,” tambah Rini, penjaga toko F-16 Motor, daerah Ciledug, Tangerang, Banten, Jabar.

Monggo dipilih, bro!  (motor.otomotifnet.com)

Tabel Harga:
YSS: Rp 300-500 ribu
KTC: Rp 600-2,5 juta
G@ZI: Rp 400 ribu
G@ZI tabung: Rp 700 ribu
Yoko: 185 ribu
Yoko tabung: 250 ribu
Yoshimura tabung: Rp 250 ribu
Vixo tabung: Rp 250 ribu
DBS: Rp 185 ribu
DBS tabung: Rp 250 ribu
Ride It tabung: 275 ribu
Showa tabung: Rp 380 ribu

Surya motor: 021-7312527
F-16: 0812-98881022


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa