Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Tensioner Rantai, Manfaatkan Gir Depan

billy - Sabtu, 15 Juni 2013 | 09:20 WIB
No caption
No credit
No caption


Booming modifikasi chopper atau jap’s style, bikin semua penikmatnya harus putar otak agar modifikasinya aman dan enggak mengganggu komponen lain. Terutama bagi yang tempuh aplikasi rangka model rigid. Seperti yang dialami Elvin Ardiansyah, setelah rangka Yamaha Scorpio-nya berubah menjadi rigid dan juga aplikasi ban gambot.

Dengan tempuh jalan ini, terpaksa rantai dibikin lebih panjang 12 mata, standarnya hanya 118 mata sekarang jadi 130 mata. Saat ditambahkan jumlah mata, rantai jadi landai dan goyang. Bahkan, mentok ban.

“Agar rantai di sasis rigid bisa lebih stabil, dibuatkan tensioner rantai custom,” bilang Joegi Herdiawan, modifikator yang bikin tips buat rantai ini.


Biasanya, tensioner rantai yang dijual dipasaran pakai per untuk mengikuti ayunan rantai. Tapi, part bikinan Joe Begundal dari Graha Motor Works (GMW) ini malah dibikin rigid.

Itu karena pakai gir depan untuk rel rantai. Bahannya, cukup butuhkan gir depan, besi pelat dan laher. “Gir disesuiakan dengan ukuran gir depan,” bilang Joe Begundal, panggilan akrab pria ini.

Agar gir bisa berputar mengikuti rantai, harus pakai laher yang dibaut ke dudukan gir tensioner. “Dengan begitu, gir di sasis rigid. Lebih stabil dan enggak goyang,” bilang Joe yang rencananya mau bikin produk masal untuk part ini. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa