Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tampil di Kustomfest, Motor Kustom Harus Layak Jalan!

Dimas Pradopo - Minggu, 12 Oktober 2014 | 12:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Yogyakarta - Ngomongin tampilan, tunggangan para kontestan di Kustomfest 2014 ini memang enggak perlu diragukan lagi. Yups, pastinya semua menyuguhkan model maupun ubahan yang menarik sehingga bisa lolos dari penilaian juri.

Satu hal yang juga enggak ketinggalan dalam proses penilaian juri adalah dengan diadakannya scrutineering. Tujuannya untuk memastikan bahwa motor-motor eksotis ini memang layak jalan. Bukan cuma patung yang dipajang tanpa bisa dikendarai.

“Se-ektreme dan sebagus apapun, kalau tidak lolos dalam tahap ini, dengan terpaksa tunggangan peserta kontes tidak bisa masuk tahap selanjutnya. Poin yang paling utama dalam penilaian ini adalah mesin harus bisa dinyalakan, entah melalui kick starter maupun starter otomatis serta saat melintasi kun-kun enggak bermasalah atau ngadat,” ujar salah seorang petugas scrutineering Kustomfest 2014.

No caption
No credit
No caption

Lalu poin-poin penting lain yang juga perlu diperhatikan yakni mesin harus bisa langsam, saat mesin langsam dan masuk gigi satu namun tuas kopling tangan belum dilepas, tunggangan enggak boleh bergerak maju. Selanjutnya, sistem pengeraman diuji dengan cara tunggangan berjalan dalam jarak tertentu dan harus bisa berhenti pada titik tertentu.

Nah yang juga enggak kalah penting dan kadang tidak diperhatikan para builder yakni kelengkapan penerangan seperti headlamp, stoplamp dan sein. Enggak sedikit yang mengabaikan salah satu peranti ini, karena beberapa peserta tidak melengkapi hasil racikannya dengan stoplamp maupun lampu sein.
  
Kustomfest 2014 yang digelar untuk ketiga kalinya ini dirayakan pada hari Sabtu-Minggu (11-12/10) bertempat di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta. Even kompetisi kustom dan pameran kustom terbesar di Indonesia  ini tak hanya dihadiri builder dalam negeri, namun juga di meriahkan builder-builder internasional.


Nama kondang seperti Roland Sands, Cole Foster (Sainas Boys), Luke Ray (Fuel Magazine), Fred Bagur (Wild Motorcycles). Yuichi Yoshizawa (Custom Works Zon), Kaichiroh Kurosu (Cherry’s Company), Shige Suganuma (Mooneyes Inc), Geoff Baldwin (Tank Moto), Makoto Watanabe (Chopper Journal) juga hadir di sini.

Tahun ini kompetisi yang dilombakan antara lain Hot Road & Kustom, Airkooled, Kustom Bike Shaw, Kustom Paint Battle, Diecast Show & Contest dan juga dua kompetisi khusus Kustomfest 2014, yaitu Cleveland CycleWerks Kustomfest 2014 Bike Build Off dan Zeneos Cole Foster Challenge.

Arena festival menampilkan hasil karya-karya kontestan yang terpilih diantaranya 40 mobil kustom dan 250 motor kustom . Sedangkan kelas yang dilombakan untuk kustom bike show terbagi menjadi dua. Main class dan Nitrohead.

Main Class untuk motor dengan cc lebih dari 250 cc, diantaranya American Stock Kustom, American Prostreet, American Chopper & Bobber, Bagger, European Chopper & Bobber, Japan Chopper & Bobber dan FFA Main Class.

Sedangkan Nitrohead untuk motor dengan cc kurang dari 250 cc dengan kelas Choppy Cub, Old & Retro, Matic Hotrod & Custom dan FFA Nitrohead. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa