Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alasan Wajib Pakai Masker Saat Berkendara Menembus Hujan Abu!

billy - Jumat, 14 Februari 2014 | 12:47 WIB
No caption
No credit
No caption


Yogyakarta - Material vulkanik yang dimuntahkan letusan Gunung Kelud di Jawa Timur cukup besar. Paling luas akibatnya adalah abu vulkanik yang terbang bersama hembusan angin. Kota-kota besar seperti Surabaya, hingga Yogyakarta jadi korbannya.

Meski hujan abu di mana-mana, masyarakat masih banyak yang beraktifitas di luar rumah. Bahkan tak sedikit yang harus berpergian menggunakan sepeda motor. Padahal berkendara saat hujan abu memiliki potensi bahaya bagi kesehatan.

Harus disadari bahwa abu vulkanik ini berbeda dengan debu pada umumnya. Seperti dikutip dari kompas.com , ahli kesehatan paru dari Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, dr Agus Santoso, SpP mengungkapkan ada beberapa faktor yang memengaruhi dampak debu vulkanik terhadap kesehatan. Faktor ini di antaranya konsentrasi partikel, proporsi debu yang terhirup, serta kondisi meteorologi.

Menurut Agus, debu vulkanik yang halus dan berukuran sangat kecil, yaitu kurang dari 10 mikron, berpotensi mengganggu pernapasan. Bahkan, debu berukuran kurang dari 5 mikron dapat menembus saluran pernapasan bagian bawah atau organ paru-paru.

Efek atau dampak debu vulkanik juga ditentukan oleh partikel pendukungnya. Debu yang disertai kristal silika menimbulkan dampak lebih merusak dan menyebabkan gangguan pernapasan berat. Debu vulkanik lain yang patut diwaspadai, kata Agus, adalah yang disertai gas CO, H2S, SO2, dan bersifat asam.

Sementara itu, debu vulkanik yang disertai hawa panas dapat membawa debu piroklastik dengan permukaan tidak teratur dan cenderung tajam. Gangguan akibat debu piroklastik ini bisa menyebabkan kematian karena luka pada saluran pernapasan.

Untuk mengurangi efek merugikan dari abu vulkanik bisa dicegah dengan menggunakan masker khusus. Yaitu masker yang dapat mencegah masuknya debu yang berukuran kurang dari 10 mikron, biasa ditandai dengan kode kategori N 95-N 100.

Bila telanjur terpapar, Agus menyarankan secepatnya ke fasilitas kesehatan terdekat. Untuk efek akut bisa diatasi dengan obat batuk, pengurang sesak, pengencer dahak, atau radang.  Tetap gunakan masker ya! (motor.otomotifnet.com) 


sumber: kompas.com 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa