Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Proton Savvy 2009 M/T , Dari Slalom jadi R3

Otomotifnet - Senin, 11 Mei 2015 | 08:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kepentok enggak bisa turun balap, bukan akhir segalanya. Selesai dimodifikasi, tampilannya kini malah lebih kece


Jakarta - Waktu beli 2009 lalu, Fransiskus Winata ingin mengikuti perlombaan slalom. Makanya, dipilih versi transmisi manual. Namun setelah beberapa lama latihan slalom, ternyata ada kendala. “Savvy memiliki bobot bodi yang berat dan susah diajak ngepot. Jadinya gagal deh main slalom,” ujar Frans.

No caption
No credit
No caption

Mesin terlihat standar, cuma pasang Dastek Unichip tipe Q+


Tak ingin terpuruk lama, Frans langsung memutar otak untuk mengalihkan kegagalan tersebut. “Akhirnya gue memutuskan ganti konsep jadi single tuner enthusiast,” tambah pria ramah tersebut. Acuannya, apalagi kalau bukan R3, Savvy versi Malaysia.

No caption
No credit
No caption

Setir menggunakan merek Sparco model three spoke


Dulu enak, masih tersedia di dealer resmi Proton. “Kendala paling susah saat mencari spoiler belakang R3 dan tow hook,” tutur anggota Savvieri ini. Tow hook akhirnya berhasil didapat dari Taiwan, dengan cara memesan online. Sementara spoiler belakang, Frans memesan langsung dari showroom Proton di Malaysia.

No caption
No credit
No caption

Totalitas di interior. sampai ke pedal dan karpet menggunakan milik R3


Masih teringat impian membangun mobil balap, Frans rela mengeluarkan budget lebih untuk membeli lowering springs R3, strutbar depan 4 titik, rear underbrace dan strutbar sasis tengah. Alhasil, Savvy miliknya jadi lebih rigid dan stabil.

No caption
No credit
No caption

Perpaduan bodykit asli R3 pelek Enkei RPF1 asli Jepang Terlihat sangat serasi


Serunya, saat masuk ke kabin hatchback ini serasa naik mobil baru sob! Suasana interior yang bersih dan terawat, Frans hanya melengkapi pernak-pernik milik R3 yang meliputi karpet dasar, pedal set, setir Sparco dan shift light Pivot.

Tombol start memakai kepunyaan Proton Satria Neo R3

Menariknya lagi adalah tombol engine start/stop milik Proton Satria Neo R3 yang terpasang. “Ini benar-benar berfungsi, tidak hanya terpasang loh,” ungkap Frans lagi.  Sayangnya pada sektor mesin, Frans baru sekadar memasang piggyback Dastek Unichip tipe Q+. “Mungkin nanti suatu saat pengin naikin performa mesin,” tutup Fransiskus. • (otomotifnet.com)


PLus:
- Totalitas ubahan di bodi jadi R3 komplet

Minus:
- Mesin masih bisa ditingkatkan lagi




Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa