Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive Honda di Sirkuit Twin Ring Motegi, Cicipi semua Teknologi

Billy - Jumat, 23 Desember 2011 | 06:04 WIB
Test Drive Honda di Sirkuit Twin Ring Motegi, Cicipi semua Teknologi
Test Drive Honda di Sirkuit Twin Ring Motegi, Cicipi semua Teknologi

Test Drive Honda di Sirkuit Twin Ring Motegi, Cicipi semua Teknologi
Test Drive Honda di Sirkuit Twin Ring Motegi, Cicipi semua Teknologi
 
JAKARTA - Buat lebih mengenal semua teknologi Honda yang sudah diterapkan pada mobil produksi massal, sesi test drive khusus disediakan bagi media seluruh dunia di Sirkuit Motegi. Total ada sembilan mobil yang dirasakan kali ini.

Semua mobil memang dipilih untuk merasakan langsung efek dari teknologi yang diaplikasi. Mulai dari Honda Fit EV, Accord PHEV, Civic Euro 1.8, Civic Euro diesel manual, Accord SH-AWD, Accord diesel, Accord Euro i-VTEC Advanced, Accord Euro i-DTEC 1.6 L dan FCX Clarity.

Pilihan cukup beragam namun kondisi trek disesuaikan dengan karakter mobil. Misalnya menjajal Honda Fit EV dan Accord PHEV (Plug-In Hybrid Electric Vehicle) di jalan publik. Tentunya, mobil listrik Fit sama sekali tidak bersuara. Relatif beda dengan Accord yang masih berdengung ketika akselerasi keras. Tendangan tenaga cukup terasa ketika akselerasi karena dorongan tenaga 160 dk tambahan dari motor listriknya.

Sementara empat mobil berikutnya dicoba dengan metode handling. Meski sempat merasakan tarikan berbeda untuk Civic bensin dan diesel. Versi diesel disediakan bertransmisi manual setir kiri. Karakternya berbeda dengan bensin, terutama ketika terkena boost turbo, mobil spontan ngacir karena torsi besar.

Sedangkan uji handling yang dilakukan di lingkaran dalam Motegi terutama untuk merasakan teknologi electric SH-AWD pada Honda Accord. Dibanding Civic maupun Accord diesel, Accord dengan sistem SH- AWD terasa lebih mencengkeram jalan.

Di situlah terasa fitur torque control pada sistem SH-AWD. Maksudnya torsi positif diterapkan ke roda di luar tikungan sementara torsi negatif (berlawan arah) di bagian dalam. Mobil pun mampu menikung lebih tajam.

Test Drive Honda di Sirkuit Twin Ring Motegi, Cicipi semua Teknologi
Test Drive Honda di Sirkuit Twin Ring Motegi, Cicipi semua Teknologi
 Hal ini terasa sekali ketika mobil masuk ke jajaran kun setelah rolling speed. Arah mobil lebih mudah dikontrol sebelum masuk tikungan terakhir yang relatif patah ke kanan. Nyaris tidak ada gejala pantat mobil membuang dan seakan mobil bergerak pada rel.

Sesi terakhir adalah sensasi akselerasi yang diadakan pada lingkar luar Sirkuit Motegi. Inilah sebabnya sirkuit ini dinamai Twin Ring Motegi, karena punya dua lingkaran berbeda dengan arah berlawanan.

Honda Accord Euro jadi mobil pertama yang dijajal untuk merasakan kecanggihan transmisi CVT terbaru yang dikembangkan buat mobil besar.

Mobil menyusur jalur aman di paddock, berhenti sejenak, lalu gas pol. Badan pun menempel ke jok. Cukup buat merasakan akselerasi spontan transmisi CVT buat sedan gambot sekelas Accord ini.

Sayang hanya satu lap saja dan putaran berikutnya sudah harus masuk ke paddock untuk lompat ke mobil berikutnya, Accord diesel.

Kaget juga ketika dengar mesinnya hanya 1.600 cc diesel i-DTEC. Mau menyalakan mobil dilarang oleh instruktur. Ah, ternyata sudah pakai fitur idle stop. Wuuss..tarikan tak kalah gahar dengan versi bensin. Malah, karakternya lebih berlimpah torsi dan tubuh terus terhenyak di kursi.

Paling mantap, tentu FCX Clarity. Hybrid hidrogen-elektrik ini punya akselerasi spontan. Jelas, karena ditendang motor listrik yang punya torsi puncak sejak rpm rendah. Suara pun hanya dengung seperti pesawat, ngiiingg...  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa