Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive All New Sirion Deluxe M/T, Mentok 160 km/jam

billy - Jumat, 21 Oktober 2011 | 12:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kuala Lumpur - Hari kedua test drive Daihatsu All New Sirion di Malaysia (19/10), tim OTOMOTIFNET.COM kebagian menjajal kebolehan Sirion Deluxe bertransmisi automatic.

Varian yang baru diluncurkan minggu lalu di Indonesia ini dilengkapi dengan pelek alloy 16 inci. Lebih stylist, perangkat bodi kitnya juga dibuat sporty dengan penambahan ornamen di bumper depan belakang.

Selain itu transmisi automatic-nya juga memberikan tantangan setelah kemarin mencoba versi manual. Pasalnya, jalur yang dilalui dari Malaka menuju Putera Jaya disetting melintasi highway atau jalan TOL.

Seberapa responsif tarikannya jadi lebih terasa. Mengusung mesin yang sama yaitu 1.300 cc dengan 4 silinder segaris, All New Sirion automatic ini memiliki gear box dengan 4 percepatan.

No caption
No credit
No caption

Pilihan di tuas presneling ada D, 3, 2, N, R dan P. Memposisikan transmisi di D, artinya bisa sampai perbandingan gigi tertinggi sampai 4. Sedang 2 dan 3 hanya ditahan sampai pilihan tersebut meski putaran mesin teriak tinggi. Perbandingan gigi ringan ini cocok untuk menaklukan tanjakan yang butuh perbandingan rasio transmisi ringan.

Dipakai perlahan, perpindahan gigi lumayan halus meski terasa terlalu ringan di gigi satu sehingga terasa menyentak pada perpindahan gigi dari 1 ke 2. Tapi selebihnya lumayan nyaman.

Langkah kick down diambil ketika memaksa Sirion automatic ini ngebut, putaran mesin langsung teriak sampai 5.000 rpm. Meski akselerasinya tak terlalu cepat, tapi top speednya lumayan untuk mobil bermesin 1.300 cc.

Di jalanan TOL ke arah Putera Jaya yang relatif sepi, speedometer berhenti di kecepatan 160 km/jam. Bahkan rekan media lainnya dari OTOMOTIF Group yang juga ikut dalam test drive ini bisa mencapai 170 km/jam dengan versi manualnya.

Sekedar info tambahan, jalan bebas hambatan di negeri Jiran ini tergolong lengang. Sehingga lebih leluasa mencoba kecepatan maksimum. Tapi melakukan hal ini perlu dibarengi dengan konsentrasi dan kewaspadaan tinggi.

Sama seperti versi manual yang di coba hari Selasa lalu, suspensi yang mengutamakan kenyamanan sehingga disetting empuk membuat mobil kurang anteng di kecepatan tinggi.


Perasaan goyang ini diperparah dengan electronic power steering (EPS) yang  terlalu ringan, feeling merasakan arah mobil terkadang jadi kurang terasa ketika melibas tikungan. Tapi untuk penggunaan normal sehari-hari, setir Sirion sangat nyaman, ringannya membuat mudah parkir dan selap-selip di kemacetan. 

Menariknya panel audio di tengah dashboard tetap mudah dilihat. Semua tombol audio yang dilengkapi dengan fasilitas USB dan bluethooth ini sengaja di rancang dengan tombol dan tulisan berukuran besar.

Panel speedometer dan takometernya pun demikian, sekali lirik semua informasi bisa terbaca. Kecuali panel berbentuk bulatan di tengah yang isinya informasi fuelmeter, karena 'nyelempil' jadi agak merepotkan dilihat ketika mobil melaju cepat.

Kesimpulannya, meski handling kurang stabil di kecepatan tinggi, tapi rasanya cukup nyaman di kecepatan normal. Setirnya yang ringan dan dimensinya yang tak terlalu besar cukup memudahkan manuver.

Terlebih ruang kabinnya yang lega lebih luas ketimbang kompetitornya seperti Suzuki Splash atau Nissan March. Aplikasi pelek 16 incinya juga membuat penampilannya sudah jauh lebih keren dari versi standar. Asik kan! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa