Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jajal Performa Standar Honda Jazz Type S M/T di Sentul, Layaknya Pembalap Profesional

billy - Kamis, 29 September 2011 | 14:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bogor - Honda Prospect Motor menggelar Honda Jazz Racing Experience yang diadakan di Sirkuit Sentul, Bogor. Test drive ini sekaligus lebih mengenalkan Honda Jazz tipe S, yang selama ini seolah tenggelam oleh citra Honda Jazz RS.
 
"Padahal, Tipe S sudah mewakili tipe Honda lain secara keseluruhan. Tidak memiliki perbedaan secara performanya dengan tipe RS, " kata Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Karenanya, Otomotifnet.com pun diberikan kesempatan untuk menjajalnya sebanyak 5 lap di Sirkuit Sentul, untuk membuktikan performa dari mesin i-VTEC milik Honda New Jazz, sekaligus juga suspensi dan pengeremannya.
 
Honda Jazz tipe S standar ini dibekali mesin yang sama dengan tipe RS. Sebuah mesin 1,5 liter i-VTEC yang memiliki tenaga kuda maksimum 120 ps pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 14,8 kg.m pada 4.800 rpm, serta menggunakan transmisi manual 5 percepatan.
 
Sebelum dipersilakan membesut New Jazz di lintasan, Otomotifnet.com diberikan pengarahan dari pembalap profesional Honda, Alvin Bahar. Dijelaskan bagaimana cara berkendara cepat namun tetap aman di sirkuit Sentul.
 
Setelah itu, pembagian peserta ke dalam 5 kelompok. Saya tergabung dalam kelompok 4. Tiga kelompok pertama, dipersilahkan untuk menjajal aspal sirkuit Sentul lebih dulu. Sedangkan dua kelompok lain, bisa merasakan drive simulator, serta ada pengecekkan tekanan darah.

No caption
No credit
No caption

Tiba giliran tim 4 untuk merasakan performa Honda Jazz, sebelumnya tentu juga diberi perlengkapan standar balap seperti jaket, helm, pelindung wajah dan sarung tangan.
 
Masuk ke dalam kabin honda jazz, disambut oleh pembalap professional bertugas sebagai co driver. Pengalaman jelas-jelas bertambah! Karena perbedaan sangat terasa antara mengemudi di jalan raya dengan di sirkuit. 13 tikungan saya lewati dengan penuh konsentrasi serta tak lupa mengetes performa Honda tipe S ini.

Lap pertama dan kedua merupakan penyesuaian mengemudi di sirkuit dengan kecepatan 100 km/jam. Lap ketiga saya mulai memacu kendaraan antara 120 km/jam sampai 140 km/jam. Namun terkadang masih menemui sedikit hambatan di beberapa lap, meski masih bisa saya atasi.
 
Luar biasa, mesin Honda ini memang sepertinya di desain untuk balapan. Transmisi 5 percepatan manualnya mudah dikendalikan dalam kecepatan tinggi. New Jazz yang dilengkapi dengan suspensi depan McPherson strut, terasa sudah cukup menahan bantingan stir saat melewati tikungan di sirkuit Sentul.
 
Semua dicatat oleh pembalap pendamping sebagai bahan penilaian. Mulai dari kapan perhitungan tepat harus menginjak pedal gas, kapan harus mengoper gigi dan mengerem.


Garis finish pun terlihat, saya memacu kendaraan lebih cepat lagi dalam trek lurus. Pengalaman luar biasa yang saya dapatkan untuk melalui test drive berbasis racing sebagai pengemudi wanita, tentunya bersama Honda. Drive FAST, drive SAVE! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa