Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Performa City Car, siapa Paling Tengil?

Billy - Kamis, 5 Mei 2011 | 08:03 WIB
Komparasi Performa City Car, siapa Paling Tengil?
Komparasi Performa City Car, siapa Paling Tengil?

Komparasi Performa City Car, siapa Paling Tengil?
Komparasi Performa City Car, siapa Paling Tengil?
JAKARTA - Setelah melakukan jarak dan putaran yang kami tentukan, pada akhirnya muncul angka odometer yang berbeda dari masing-masing kontestan. Yang terjauh muncul dari spidometer digital Chevrolet Spark (141,9 km), sementara KIA Picanto mendapat angka paling sedikit (129,2 km).

Perbedaan ini kami analisa dihasilkan dari perbedaan aplikasi ukuran roda, final gear dan spidometer tiap mobil. Selain itu, gaya mengemudi tester yang kerap berpindah lajur, -karena sesuatu hal-, juga menyumbang perbedaan jarak tempuh. Namun hal tersebut bukan masalah, mengingat perhitungan didasarkan perbandingan konsumsi bahan bakar dengan jarak tempuh yang dihasilkan dari masing-masing kontestan.

Pengalaman berkendara sejauh minimal 120 km dengan maksimal kecepatan 80 km/jam, tak ayal juga memberi sensasi tersendiri buat para road tester yang terlibat. Terutama untuk menggambarkan impresi atau pun poin-poin yang mereka dapat setelah 2 jam berkendara dengan masing-masing kontestan pegangannya. Berikut ulasannya;

•    Chevrolet Spark  (Rusli Ifan)
Tarikan bawah lambat, posisi duduk masih nyaman untuk memandang ke depan. Cocok untuk mengemudi malam hari karena meski suhu A/C diseting paling rendah dengan blower nomor 1, pengemudi tidak merasa kedinginan.

•    Nissan March  (Eko Purboyo)
Posisi duduk nyaman dan terjaga dengan baik, suara mesin cukup terdengar pada putaran bawah, performa mesin cukup responsif.

•    Geely Panda  (Angga Raditya)
Tarikan mesin kurang responsif, suspensinya empuk, tersedia fitur leveling untuk headlamp yang memudahkan berkendara malam hari.

•    Smart ForTwo  (Rendy Surya)
Jadi pusat perhatian saat dipakai, posisi transmisi ECO dimatikan saat pengetesan, terdapat klep di ‘leher’ tangki yang membuat pengisian BBM full tank berlangsung lama.

•    Hyundai i10  (Aries Aditya)
Terdapat foot rest membuat kaki kiri lebih rileks, handling baik saat diajak menikung tanpa mengerem. Mesin tipikal irit karena 80 km/jam di gigi 5 hanya berkisar 2.500 RPM  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa