Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kondisi Penyebab Airbag Toyota Fortuner Gagal Mengembang

Jumat, 19 Juni 2015 | 13:07 WIB
Kondisi Penyebab Airbag Toyota Fortuner Gagal Mengembang
TAM
Kondisi Penyebab Airbag Toyota Fortuner Gagal Mengembang

otomotifnet.com - Toyota Astra Motor sampai digugat pemilik Toyota Fortuner tidak hanya sekali, tapi dua kali, karena airbag gagal mengembang saat kecelakaan. Nah, sebelum menyimpulkan, perlu mengetahui kondisi apa saja yang menyebabkan airbag mengembang atau tidak.
 
SRS Airbag pada Toyota Fortuner akan mengembang pada benturan yang melebihi ambang batas yang ditentukan. Toyota mengukur tingkat kekuatan benturan sebanding dengan kecelakaan dari depan dengan kecepatan 20-30 km/jam terhadap benda yang tidak bergerak atau berubah bentuk.
 
Ingat ya, benda yang tidak bergerak atau tidak berubah bentuk. Namun, kecepatan bisa lebih tinggi dari 20-30 km/jam untuk mengaktifkan airbag, kalau yang ditabrak benda bergerak atau berubah bentuk saat terkena benturan, seperti mobil yang sedang diparkir dan rambu lalu-lintas. 
 
"Dan tergantung pada jenis kecelakaan, jika memungkinkan hanya pretensioner sabuk keselamatan yang akan aktif," ujar Dadi Hendriadi, GM Technical Service TAM.
 
Jika mobil terlibat dalam kecelakaan beruntun, pretensioner akan aktif pada kecelakaan pertama, tetapi akan tidak aktif untuk yang kedua atau kecelakaan berikutnya. Nah, kalau pretensioner telah diaktifkan, lampu peringatan SRS akan menyala. Dalam kasus tersebut, sabuk keselamatan tidak dapat digunakan lagi dan harus diganti.
 
Airbag masih mungkin mengembang kalau menabrak pinggiran jalan, trotoar jalan atau permukaan yang keras. Jatuh atau lompat ke dalam jurang dan mendarat keras atau kendaraan terjatuh. 
 
Tapi SRS airbag depan umumnya tidak dirancang untuk mengembang bila kendaraan terlibat kecelakaan dari samping atau belakang, atau bila terguling. Tabrakan depan di kecepatan rendah juga tidak membuat airbag mengembang. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa