Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga BBM Bersubsidi Naik, Gaikindo Tetap Optimis Jual 1,1 Juta Mobil

Senin, 22 April 2013 | 07:02 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta – Wacana pemerintah akan kenaikan harga BBM bersubsidi makin marak. Berbagai opini pro dan kontra mengenai kebijakan ini terus bergulir. Dan salah satu pihak yang akan terkena imbas kenaikan BBM adalah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gaikindo, Jongkie D Sugiarto. “Kenaikan harga BBM merupakan hal yang harus diterima dan tidak bisa dihindari saat ini. Dan tiap kenaikan harga BBM pasti mempengaruhi penurunan penjualan mobil seperti tahun 2005 silam,” ungkapnya saat dihubungi Otomotifnet.com pada Kamis (18/4).

“Mudah-mudahan efeknya tak terlalu signifikan dan jangka waktu penyesuaian karena kenaikan BBM tak terlalu lama,” jelas Jongkie.

Selain itu, dirinya masih menyatakan optimisme jika tahun ini pasar Indonesia masih dapat menyerap angka penjualan mobil sebesar 1,1 juta unit seperti tahun lalu. 

“Kami masih optimis penjualan akan stabil karena income perkapita masyarakat Indonesia yang telah mencapai 3.800 Dollar Amerika. Serta didukung pertumbuhan ekonomi dan suku bunga sebesar 5,75 persen yang stabil membuat pasar mobil tetap berjalan,” tutupnya.

Penjualan mobil di Indonesia tahun 2012 memang boleh dibilang fenomenal dengan mencatatkan rekor tertinggi sepanjang sejarah. Ada 1.116.230 unit mobil habis terjual sepanjang tahun lalu.

Angka penjualan terbesar disumbang Toyota Avanza yang masih menjadi mobil paling laris dengan 192.146 unit. Pun begitu segmen MPV secara keseluruhan tetap mobil yang paling diminati masyarakat Indonesia.

Paling menarik, segmen mobil pickup bisa menembus urutan 5 besar, sebagaimana ditunjukkan Suzuki Carry MT PU, yang terjual sebanyak 43.926 unit, begitu juga dengan Gran Max PU yang terjual 37.948 unit di peringkat lima. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa