Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Mitsubishi Lancer SL M/T 1982

Billy - Senin, 1 Oktober 2012 | 13:07 WIB
Mengenal Mitsubishi Lancer SL M/T 1982
Denta
Mengenal Mitsubishi Lancer SL M/T 1982

Sedan yang beredar mulai tahun 1982 sampai 1985 ini memiliki bentuk mengotak. Desain klasiknya hingga saat ini masih banyak diburu beberapa orang, terutama collector.

Dibekali mesin berkapasitas 1.400 cc yang bandel dan minim perawatan, menjadi salah satu andalannya. Berhubung usia mobil sudah lebih dari 20 tahun, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan.

“Sektor kaki-kaki tak terlalu banyak bermasalah, cukup perhatikan kinerja balljoint dan rumah setir,” jelas Dayat, owner Karya Per di Pondok Bambu, Jaktim.

Indikasi kalau rumah setir sudah kena yaitu saat setir dibelokkan terasa keras, sedangkan kalau masih bagus enteng diputar. Jika rumah setir ini sudah kena, mau tak mau harus diganti baru dan partnya tergolong susah di pasaran.

Sementara itu untuk bagian bodi, masih bisa dibilang kokoh. “Perhatikan beberapa bagian yang rawan keropos, misalnya di bagian bawah fender mobil, karena bentuknya menampung air,” tutur Uha, spesialis body repair di wilayah Jatibening, Bekasi.

Mengenal Mitsubishi Lancer SL M/T 1982
Denta
Mengenal Mitsubishi Lancer SL M/T 1982
Lanjutnya, untuk cat asli mobil retro ini tergolong tipis, jadi akan terlihat pelat dasar mobil serta cat dasarnya. Biasanya cat ini mulai memudar pada lekukan bodi mobil. Tapi itu semua tak jadi masalah kalau sudah terlanjur cinta, apalagi mobil ini memiliki nilai historis tersendiri.

Harga di pasaran mobkas cukup terjangkau, sekitar Rp 20 juta hingga Rp 35 juta tergantung kondisi mobil.

KELEBIHAN

1. Cukup nyaman untuk kendaraan sekelas ‘80an
2. Ragam indikator tidak termakan zaman
3. Spare part cukup terjangkau

KEKURANGAN

1. Perlu ekstra perhatian pada ball­joint dan rumah setir
2. Tampilan dasbor dan doortrim sudah banyak yang harus diperbaiki
3. Biasanya bodi sudah dempulan
4. Perhatikan karet-karet pintu
5. Telusuri bagian keropos dan berkarat

Menakar Biaya Servis

Namanya mobil tua, pasti cukup banyak minta jajan. Misalnya perbaikan di sektor kaki-kaki, biaya perbaikan balljoint berkisar Rp 150 ribu tiap unit. Lalu jika rumah setir harus diganti baru, perkiraan harga sekitar Rp 1 juta hingga 2 jutaan.

Untuk mereparasi bodi agar kembali mulus, biayanya sekitar Rp 2 juta sampai Rp 3 jutaan. Itu termasuk membenahi bagian yang keropos dan mengecat ulang full body. Sedangkan untuk mesin, kalau kondisinya masih sehat cukup ditune up, biayanya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu, belum termasuk spare part.
 (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa