Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dimas Ekky: Petugas Suzuka Sampai Kenal Saya!

Sabtu, 19 Juli 2014 | 14:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Hadir di press conference pembalap Formula Renault, Philo Paz Patric Armand di sebuah kafe di kawasan SCBD, Jaksel (18/7), pembalap supersport Dimas Ekky Pratama bercerita banyak tentang pengalamannya ikut balap ketahanan Suzuka 4 Hours tahun lalu. Juga tentang pengalaman latihannya beberapa waktu lalu untuk menghadapi Suzuka 8 Hours akhir bulan ini.

Santai, ia mengakui kalau belum pernah membesut motor 1.000 cc. "Ngendaliinnya perlu dibantu tekan tangki pakai paha untuk belok. Kalau enggak, out terus di tikungan. Tapi kata tim tenang aja, anggap aja anak kecil dapat mainan. Jangan pikirin pesaing, jangan pikirin time, enjoy aja sama motor. Ya udah, saya senang banget, nikmatin aja," ujarnya. 


Ia menjelaskan, untuk start pembalap akan berlari menuju motornya. Motor dipegangi pembalap kedua dalam kondisi mesin mati tapi sudah masuk persneling satu. Lalu pitstop untuk ganti ban dan isi bensin butuh waktu sekitar 16 detik. Sementara menunggu giliran berikutnya, pembalap yang sudah melibas trek akan berendam air untuk mengembalikan kebugaran tubuh agar tak lekas lelah.

Nah, menjelang Suzuka 8 Hours ia mengaku belajar dengan melihat langsung pembalap lain jauh lebih cepat daripada mendengarnya instruksi. "Belajar langsung sama pembalap lain lebih cepat. Saya lihat Noriyuki Haga di depan, di tikungan Dunlop yang panjang dia menikung dengan motor nyamping, kayak drifting. Saya lihat dia kok bisa. Saya coba akhirnya bisa juga tapi belum mulus. Yang penting dikontrol, ternyata enggak high side (terlontar dari motor)," papar pembalap yang akan menjalani lomba bertiga dengan Josh Hook dari Australia dan Zamri Baba dari Malaysia. 

Dimas yang juara Suzuka 4 Hours tahun lalu bersama Iswandi Muis ternyata punya pengalaman menarik. "Petugas di sana jadi kenal sama saya. Karena waktu kualifikasi tahun lalu saya mendapat tiga peringatan. Di antaranya bikin jatuh pembalap lain, karena dia menutup saya di tikungan, terus saya salip lagi. Rupanya dia telat ngerem dan jatuh, tulang punggungnya patah. Kedua, memang enggak boleh nyusul saat bendera kuning. Saya bilang, saya kan enggak lihat tapi ada kamera yang merekam, ternyata saya menyalip saat bendera kuning, hehehe," tuturnya.

Wah, jangan diulangi lagi ya. (otosport.co.id)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa