Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subhan Aksa Gaet Navigator Bule’ ke PWRC Yunani

Bagja - Rabu, 16 Mei 2012 | 06:49 WIB
No caption
No credit
No caption


Sukses meraih  poin perdana di Rally Argentina bulan lalu, pereli Indonesia Subhan Aksa kini bersiap melanjutkan kiprahnya di reli mobil dunia. Ia dijadwalkan bertarung bakal di Acropolis Rally, 24-27 Mei 2012 mendatang yang jadi seri 6 FIA 2012 World Rally Championship (WRC) dan seri keempat Production WRC (PWRC) keikutsertaan Subhan menjadi peserta regular.

Reli ini dikenal sebagai salah satu yang terberat karena cuacanya sangat tak ramah dan debu yang bergulung-gulung sepanjang 22 jalur Special Stage (SS). Dengan total jarak kompetisi 410 km, hanya pereli bermental baja dan punya fisik prima yang mampu menyelesaikannya dengan baik. Tidak heran jika Reli Acropolis dijuluki The Rally of Gods, apalagi negara penyelenggaranya adalah Yunani yang dalam mitos kuno disebut-sebut sebagai negerinya para dewa.

Datang dari negeri tropis, Subhan tak terlalu mengkhawatirkan teriknya matahari Yunani, apalagi ia pun rutin menjaga kebugaran tubuh sepulang dari Argentina. Tapi, untuk meraih tambahan poin, ia merasa  perlu didampingi navigator khusus, mengingat trek Acropolis cukup rumit dan di beberapa area sulit ditebak. Itu berdasarkan pengalaman Subhan saat bertanding di Acropolis pada 2008. 

Strategi itu sudah dirancang sejak awal dan pilihan jatuh kepada Jeff Judd, navigator  senior asal Selandia Baru. Menggeluti reli sebagai driver maupun navigator sejak 1981, Jeff sudah punya pacenote Acropolis yang di mata Subhan sangat ideal. Peran Jeff tentunya akan lebih besar lagi saat seri reli dunia berikutnya berlangsung di negerinya sendiri Selandia Baru, akhir Juni mendatang. 

Di Negeri Kiwi itu, Jeff sudah banyak menggondol prestasi nasional baik selaku driver maupun navigator. Ia seangkatan dengan Possum Bourne, pereli top negeri itu yang sangat  familiar dengan komunitas reli Indonesia karena sering bertanding ke sini.

“Kita sudah bahas banyak hal dengan Jeff dan saya merasa cocok. Tinggal nanti menyusun strategi komunikasi di saat melintasi SS (special stage) agar tak ada kesalahpahaman. Kami akan bikin kode-kode komunikasi tersendiri,” kata Subhan.

Tentu ini adalah langkah besar Subhan untuk mengharumkan nama Indonesia melalui ajang balap reli. Semoga langkah ini menjadi pembuka ambisi bagi pereli nasional belia lainnya untuk melangkah ke ajang balap dunia. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa