Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setting Motor Buat Cewe Pendek, Dari Sepatu Sampai Ubah Sok

billy - Sabtu, 26 Januari 2013 | 09:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Buat wanita, tinggi badan tak mengurangi minatnya berkendara motor. Banyak wanita yang tergolong kecil, tapi nyaman berkendara motor setiap hari. Cara awal, pilih motor yang memiliki dimensi kecil. Sehingga lebih mudah, tinggal memendekkan motor. Misalnya Honda BeAT, Scoopy, Mio atau yang lainnya.  

Seperti pengalaman Kristanti yang memiliki tinggi badan kurang dari 150 cm ini kesulitan saat mengendarai motor. Kakinya tidak sepenuhnya bisa menapak ke aspal ketika berhenti.

Butuh sedikit usaha agar kakinya menapak sempurna dan aman di jalan raya. Karyawati perusahaan swasta ini mengikuti saran dari rekannya. Ia sedikit memodifikasi motornya agar menjadi lebih pendek. Tujuannya membantu kaki buat menapak aspal.

"Bagian sokbreker belakang dipasang pemendek sokbreker dan pasangnya di lubang paling belakang. Sehingga sokbrekernya tak terlalu tegak, tapi lebih miring," buka karyawati 35 tahun ini.

Selain itu ia menambahkan dengan memapas jok. Karena jarak dari rumah ke kantornya lumayan jauh, cukup dipapas sedikit saja. "Kalau terlalu banyak, bikin bokong gampang panas," kilahnya.

Dua ubahan itu bisa membantu buat ladys bikers yang punya tubuh mungil nyaman berkendara. Selain itu ada trik lain agar kaki bisa nyaman napak di aspal.

Selain ubahan motor, fashion juga bisa membantu. Seperti Rhika Noni, ladys biker yang juga penggagas Forum Komunikasi Ladys Biker Indonesia (Formasi Labirin).

"Umumnya diakali dengan memakai sepatu yang model solnya datar tetapi tinggi. Sekarang sudah banyak kok sepatu lady biker yang model solnya tinggi. Tetap dengan kelengkapan keamanan, seperti menutup hingga mata kaki, dan dilengkapi dengan pengaman besi pada ujung depan," papar Noni yang justru kurang nyaman dengan papas jok.

Alasannya, papas jok walau papasannya disesuaikan dengan badannya, menipiskan jok bikin jok terasa lebih keras. "Kalau dipakai jarak jauh, bokong terasa gampang panas. Kalau jalan nggak rata, gampang terasa sampai ke pinggang. Gampang pegel," kekehnya.

Posisi duduk saat berkendara juga bisa membantu. "Saat mau berhenti, posisikan bokong sedikit maju. Tepatnya di ujung jok sehingga posisi kaki bisa ke bawah lebih panjang," sarannya.

Ooo... (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa