Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspadai Waktu Tebar Ranjau Paku, Malam dan Selepas Hujan!

Dimas Pradopo - Selasa, 3 April 2012 | 15:21 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Di sela kegiatan peduli bertajuk Gerakan Sapu Ranjau Paku (GSRP) yang digelar hari Sabtu lalu (31/2) untuk merayakan ultah Tabloid MOTOR Plus yang ke 13, tim motorplus-online.com berbincang banyak dengan relawan Sapu Bersih Ranjau (Saber). Utamanya tentang perkembangan kejahatan ranjau paku yang terus merajalela di Jakarta.

"Sekarang makin banyak saja ranjau paku. Tiap pagi satu orang dari kami bisa membawa pulang lebih dari 1 kilogram paku," buka Siswanto, dari Saber. Padahal alat yang mereka gunakan ini tergolong sederhana. Hanya menggunakan magnet untuk menarik paku-paku tadi.

Anehnya dari paku yang mereka dapatkan, warna dan bentuknya terlihat masih baru. Masih lurus, belum berkarat dan warnanya mengkilap. "Memang pelakunya niat menyebarkan paku," beber pria tinggi besar ini.

Soal waktu penyebarannya pun sudah bisa dideteksi. Umumnya pelaku tebar ranjau paku melakukan aksinya di malam hari. Pastinya karena di malam hari relatif lebih sepi, resiko tertangkap tangan oleh warga jadi lebih kecil.

"Buktinya tiap pagi kita bisa dapat paku banyak sekali. Selain itu sehabis hujan juga banyak," jelas Siswanto. Artinya di saat hujan pelaku sengaja menyebarkan paku. Saat hujan pasti banyak pengendara lain yang memilih berteduh ketimbang tetap berkendara.

Saat aspal basah, keberadaan paku di permukaan jalan juga jadi tidak terlihat. Umumnya samar karena paku dan aspal sama-sama mengkilap. Tim Saber pun memberikan sedikit trik agar tetap aman saat melintas di daerah rawan ranjau paku. Seperti di flyover Roxy, Jl Hasyim Ashari, Jl Hayam Wuruk, Jl Medan Merdeka Utara, Jl Gunung Sahari dan kawasan Senen Jakarta Pusat.

"Sebaiknya kecepatan tidak terlalu tinggi. Kalau kecepatan tinggi ban lebih mudah tertusuk paku. Kita sudah coba buktikan hal ini," jelas Siswanto. Langkah lainnya adalah sebaiknya tetap membawa ban dalam cadangan di motor.

Ranjau Paku Dari Rangka Payung


Selain paku, pelaku kejahatan ranjau paku juga menggunakan alat lain, yaitu batang rangka payung yang dipotong kecil-kecil. "Wah ini banyak di daerah Jakarta Timur-Bekasi," ungkap Asep dari Yamaha Mio Bekasi. "Kalau pagi sering lihat banyak yang kena," terang pria berperawakan kurus ini.

Kalau model seperti ini, sisi yang runcing bukan cuma satu tapi ada dua. Bentuknya yang pipih dan berongga di bagian tengah dipastikan bisa membuat ban tubeless tetap bocor. Makin waspada ya bro! (motorplus-online.com)



Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa