Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin 2.000 cc Volvo Bertenaga 450 dk, Ini Rahasianya!

Selasa, 28 Oktober 2014 | 16:05 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Volvo mengungkapkan konsep terbaru dari mesinnya. Sebuah mesin berkapasitas 2.000 cc 4 silinder yang punya tenaga gahar, bahkan dengan kapasitas mesin yang sama, tenaganya dua kali lipat Volkswagen Golf GTi.

Mesin ini sedari awal dirancang agar bagaimana caranya bisa menghasilkan tenaga sekitar 450 dk. Namun, harus dengan buangan emisi yang bersih dan irit bahan bakar. Bagaimana caranya?

Mesin 2.000 cc tersebut dicekokin turbocharger dan supercharger. Idenya seperti ini, supercharger menyediakan tambahan udara untuk mendongkrak tenaga putaran bawah, sekaligus untuk menyiapkan tekanan udara untuk mengaktifkan turbo.

Setelah tekanan udara pendorong terbangun, saatnya turbocharger mengambil alih untuk memasok tenaga tambahan pada putaran atas. Dengan begini, powerband jadi lebih luas, dan efisiensi bahan bakar tetap terjaga.

Dilansir TopSpeed hari ini (28/10) mesin ini hasil pengembangan lebih lanjut dari mesin sebelumnya, Drive-E Twin-Charged. Bedanya, Volvo tidak lagi menggunakan supercharger untuk mensuplai udara ke ruang bakar, tapi langsung menggunakan kompresor turbo bertenaga listrik.

Hasilnya, tenaga sebesar 450 dk bisa dihasilkan dari mesin 4 silinder berkapasitas 2.000 cc. Sayang, sejauh ini belum diketahui pada mobil yang mana konsep mesin terbaru Volvo ini akan diterapkan. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa