Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apa itu Fitur i-ELOOP pada Mobil Mazda yang menyebabkan Recall? Ini Ulasannya.

Sabtu, 12 April 2014 | 11:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Beberapa mobil Mazda terbaru, seperti Mazda6 dan Mazda 3 sudah dibekali fitur canggih i-ELOOP. Sayangnya, ada permasalahan pada software, mengakibatkan mobil-mobil yang dipasangi fitur ini harus ditarik dari pasaran.

Sebenarnya, apa sih i-ELOOP itu? Sebenarnya, i-ELOOP merupakan sistem pememanfaatan kapasitor yang berfungsi menyimpan energi yang dihasilkan saat mobil direm, semacam sistem  regeneratif seperti pada mobil hybrid. 

Nah, kalau mobil hybrid menggunakan energi tersebut untuk mengisi baterai, Mazda memberdayakan untuk mengoperasikan AC, audio dan perangkat lainnya di dalam kabin.

Masalahnya, program i-ELOOP mengalami semacam hipersensitif, sehingga meski kapasitor normal namun sistem akan mengindikasikan ada ketidaknormalan. Akhirnya sistem akan menghambat daya ke pedal gas dan lampu indikator pun akan menyala.

Kalau terus dipaksakan untuk menggunakan mobil dalam kondisi seperti ini, sistem kelistrikan mobil secara keseluruhan bisa terganggu. Efeknya, selain indikator check engine menyala, pedal gas tidak akan merespon tenaga.

Jika sudah salah membaca itu nantinya akan muncul pesan charging system malfuction. Meski sebenarnya i-ELOOP tidak bermasalah tapi tetap indikator akan tetap menyala. Dalam skenario terburuk mesin mobil akan berhenti total dan tidak bisa dinyalakan lagi.

"Karena itu penangannanya hanya dengan reprograming control module saja. komputer si mobilnya harus di reprograming atau harus diperbaiki agar tidak salah membaca data," pungkas Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia (MMI) Astrid Ariani Wijana. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa