Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Power Amplifier (Bagian II), Aplikasi & Fungsi

billy - Selasa, 25 September 2012 | 08:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Setelah mengenal power amplifier tentang Model & Kelas, edisi kali ini akan fokus membahas lebih mendalam mengenai aplikasi serta teknologi pada komponen peningkat level signal suara ini.

Berdasarkan peruntukan atau aplikasinya, power amplifier terbagi menjadi beberapa model, sesuai jumlah kanal atau output yang dapat digunakan untuk mendongkrak suara ke setiap komponen speaker. Semisal power amplifier 4 kanal, 2 kanal, 1 kanal (monoblok) serta 5 channel.

Power amplifier dengan jumlah kanal output 4 buah (4 ch), diaplikasikan untuk men-drive speaker depan kiri (ch 1 + 2) dan speaker depan kanan (ch 3 +4). Atau, dapat dikombinasikan buat speaker depan kanan-kiri (ch 1+2) dengan sebuah subwoofer (ch 3+4).

Model 2 channel dapat diaplikasi untuk men-support speaker depan kanan-kiri (ch 1+2), atau kanal 1 dan 2 diperuntukkan khusus buat men-drive subwoofer saja.


"Power amplifier 2 kanal kelas AB paling bagus untuk mendongkrak speaker, karena kinerjanya mampu menghasilkan tenaga lebih optimal," ungkap Hong, instalatur Prisma Autosound di arteri Pondok Indah, Jaksel.

Jika ingin praktis dapat menggunakan power amplifier 5 channel, lantaran jumlah kanalnya memungkinkan untuk dapat men-drive semua speaker depan termasuk subwoofer. Hanya saja kelemahannya, untuk mendongkrak power suara secara mumpuni memang kurang optimal, karena tegangan listriknya terbagi ke dalam saluran output yang lebih banyak.

Sementara power amplifier tipe monoblok alias 1 channel, biasanya hanya diperuntukkan mendongkrak tenaga suara pada subwoofer. Sehingga efek entakan nada bass lebih terdengar bertenaga di telinga pendengarnya.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa