Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bike Rack, Perhitungkan Kekuatan Dan Posisi Penempatan

billy - Kamis, 5 April 2012 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tidak asal menopang sepeda saja, melainkan harus diperhitungkan kekuatan dan posisi penempatannya. Oleh karena itu bike rack juga harus aman digunakan dan tidak berisiko membuat permukaaan mobil lecet. “Untuk itu sesuaikan bike rack dengan jenis mobil. Sehingga fungsinya dapat optimal dan tidak membuat sepeda terlepas,” ujar Boy Septa Wirawan, store manager Motoshop di Jl. Veteran Raya, Bintaro Mulia 1, No. 3, Bintaro, Jaksel.

Rear Bike Rack

No caption
No credit
No caption

 Rear bike rack cocok diaplikasi untuk sedan, city car dan MPV, Roof bike rack harus dikombinasikan dengan cross bar atau roof rack terlebih dahulu
Sesuai namanya, bike rack jenis ini digunakan untuk menggantung sepeda di sisi belakang mobil. Aplikasi rear bike rack tidak membutuhkan perangkat tambahan sebagai pengikat di sisi belakang, yakni cukup merentangkan rangkaiannya agar menjepit di sisi belakang mobil. Penggunaan rear bike rack cocok untuk mobil sejenis sedan, city car hingga MPV.

Proses pemasangan rear bike rack cukup mudah, yakni tinggal mengendurkan rangkaian yang dilengkapi inclination sehingga dapat di-adjust sesuai kontur bodi belakang mobil. “Selain itu untuk memproteksi bodi mobil agar tidak lecet, maka rear bike rack umumnya dilengkapi pula dengan padding berbahan karet yang fleksibel,” bilang Dewi, dari Sukses Auto Supplier di Jl. Angkasa, Kav. B/6, Mega Glodok Kemayoran, Jakpus.

Roof Bike Rack

Penempatan sepeda di atap juga menjadi pilihan ideal. Nah sebelum memasang peranti pembawa sepeda ini, maka diharuskan dipasang terlebih dulu cross bar atau roof rack. Fungsinya sebagai dudukan ketika roof bike dipasang. “Cross bar sendiri ada dua jenis, yakni model yang agak tipis dan lebih tebal. Untuk sedan umumnya memakai cross bar lebih tipis,” bilang Boy.

Penempatan palang melintang ini juga disesuaikan dengan dimensi panjang dan lebar atap. Sebab berkaitan dengan pemasangan roof bike. “Cross bar memiliki ukuran yang disesuaikan dengan dimensi atap mobil,” lanjut Boy, seraya bilang fitting pengait antara cross bar dan pilar mobil dijual terpisah.

Towing Bike Rack

Untuk mobil sekelas SUV tentu agak merepotkan jika harus menaruh sepeda di atap, karena posisinya yang tinggi. Untuk itu bike rack model towing layak menjadi rujukan. “Cara pasangnya cukup dikaitkan pada towing standar bawaan mobil. dilengkapi pula dengan strap pengikat dan padding penahan,” papar Boy, menunjuk produk berlabel Hapro Atlas 2.

Rak sepeda model towing ini juga dapat di tekuk, sehingga memudahan ketika harus membuka bagasi belakang. Sehingga tidak terganjal oleh adanya sepeda di belakang. “Pengoperasiannya pun mudah, tinggal tarik tuasnya maka posisi rack dapat ditekuk,” rinci Boy lagi. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa