Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Do & Dont Transmisi Otomatis, Sesuaikan Spesifikasi

billy - Jumat, 9 Maret 2012 | 07:03 WIB
No caption
No credit
No caption

Perawatan transmisi otomatis berdasarkan petunjuk bengkel res­mi sebenarnya tidak seribet yang diba­yangkan. Berikut ada beberapa pantangan dan yang seharusnya dilakukan untuk mobil bertransmisi otomatis yang diberikan oleh Parman Suanda, Kepala Bengkel Plaza Toyota Tendean.

Pertama cek level pelumas transmisi otomatis saat mesin dingin dan saat mesin sudah panas. “Saat dingin, posisi mesin mati, saat panas mesin hidup,” ujar Parman. Berikutnya lakukan penggantian oli transmisi otomatis jika sudah sampai waktunya. “Kalau sampai terlewat, efeknya bisa bermacam-macam, paling parah perpindahan giginya kasar bahkan tidak mau pindah,” ujarnya. Nah, kalau sudah begini, siapkan dana hingga jutaan untuk perbaikannya.

Jangan lupa ganti oli transmisi otomatis sesuai spesifikasinya. “Kalau tidak sesuai, efeknya juga bisa merusak,” jelasnya. Namun, tak kalah penting juga operasikan peranti pemanja kaki kiri itu sesuai medan yang dilalui. “Contohnya kalau di tanjakan pakai L atau 2, ja­ngan paksa pakai D,” jelas Parman. Begitu juga kalau di turunan, terlebih lagi di tempat yang curam.

Kemudian saat berhenti atau stationer jangan dibiasakan posisi tuas di D terus, karena akan mempengaruhi keausan kopling. Mudah bukan? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa