Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelek Light Weight, Gaya Sekaligus Naikin Performa

billy - Senin, 2 Januari 2012 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Pelek lightweight atau ringan memang sedang mewabah, bukan hanya membuat tampilan mobil jadi berbeda tapi juga berpengaruh terhadap performa kendaraan itu sendiri. "Pelek ini bobotnya ringan, umumnya terbuat dari bahan forged,"ujar Wibowo Santosa, pemilik Permaisuri Ban, membuka pembicaraan.

"Keunggulannya, lantaran beratnya yang ringan, beban ke mesin, beban pengereman, beban di kaki-kaki ikut tidak terlalu berat," jelasnya. Jadi tidak membuat kaki-kaki cepat rusak dan juga tidak membuat konsumsi bensin lebih boros serta mesin tidak terlalu terbebani oleh bobot pelek.

"Rolling resistance mobil yang pakai pelek lightweight lebih bagus daripada yang pakai pelek casting (cetak),"ujar Amin Sutiono, bos Autostyle di Sunter Griya, Kemayoran.

Proses pembuatannya lebih lama karena dibuat satu-satu tidak seperti produk yang dicetak yang bisa dibikin langsung banyak. Bahannya pun juga beda, oleh karena itu otomatis harganya pun juga lebih mahal.


 Dibuat satu persatu sehingga lebih presisi(kiri). Mau elegan atau sporti ada(kanan)
Merek-merek pelek lightweight yang cukup terkenal antara lain Volk Rays, HRE, DPE, OZ Racing, ADV, dan BC Forged. Seperti pelek DPE, pabrikannya membuatnya dengan menggunakan bahan forged T6-6061 yang merupakan komponen aluminium yang biasa dipakai pada pesawat terbang. "Sehingga bisa dipastikan pelek yang dibuat bobotnya ringan (lightweight) juga kuat,"jelas Bowo yang jadi distributor tunggal produk merek HRE, DPE, Vellano, dan Weds. 

Urutan pembuatannya adalah hot forging, RM forging, cold spinning, host treatment, machine work, shot blast, dan terakhir surface finishing. Pelek-pelek ringan ini tersedia dalam ukuran 13 inci sampai 26 inci.

Biasanya yang lagi digandrung dengan tema JDM  pakai yang diameter 15-16 inci, terutama yang juga modif sektor mesin dan kaki-kakinya. Kalau yang mau tampil ala mobil premium umumnya pakai diameter 18-22 inci, yang SUV bisa pakai 20-26 inci.

Menurut Amin  pemegang distributor BC Forged ini, "Tren 1 sampai 2 tahun ke depan adalah pelek forged concave dan lightweight concave one pieces, yang pasti akan semakin banyak yang pakai pelek lightweight,"ujarnya.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa