Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tim Red Bull Rilis Penyebab Insiden Ban Copot di F1 Jerman

Bagja - Jumat, 12 Juli 2013 | 12:32 WIB
No caption
No credit
No caption


Ban mobil Mark Webber yang copot usai melakukan pit stop pertama yang berimbas pada cederanya seorang juru kamera (Paul Allen), lantaran ban tersebut melayang dan mengenai pundak sebelah kirinya, mulai diketahui penyebabnya.

Tim Red Bull yang sudah berjanji untuk melakukan investigasi masalah tersebut, pun merilis penyebab utama ban mobil di mobil Webber copot usai melakukan pit stop pertama di lap 7.

“Kronologis kejadian awal insiden yang menyebabkan ban tersebut terlepas adalah ketika kru pit stop di bagian ban sebelah kanan akan memasang kembali baut roda. Tapi ternyata baut tersebut tidak bisa terpasang dengan tepat, sehingga kru tim memaksa untuk membuka baut dan mengganti dengan yang lain,” jelas pernyataan yang dirilis tim Red Bull.

“Kru tim itu pun mengganti mode pada wheel gun (alat pembuka baut) ke mode pembuka baut. Tapi ternyata putaran wheel gun yang terlalu cepat dari biasanya membuat wheel gun terlepas dari tangan sang kru. Sementara baut roda belum terpasang sama sekali.”

“Terlepasnya wheel gun dari tangan sang kru, memberikan sinyal kepada kru yang memegang pelatuk otomatis bahwa kegiatan pit stop sudah selesai. Sehingga jack man (kru pit yang bertugas mendongkrak mobil menggunakan tuas), menurunkan mobil dan akhirnya Webber langsung melesat.”

“Kondisi ini spontan membuat ban yang tidak diperkuat oleh baut roda, langsung terlepas ketika mobil sedang berakselerasi. Akibatnya roda pun berputar liar mengenai sesuatu dan akhirnya melayang tepat ke arah sang juru kamera.”

Rilis penyebab utama insiden ini, tentu akan sangat berguna bagi tim lain juga, agar tidak terjadi masalah serupa di seri-seri mendatang. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa