Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sidepod Sauber C32 Didesain Atas Dasar Insiden Perez

Bagja - Senin, 4 Februari 2013 | 05:45 WIB
Sidepod Sauber C32 Didesain Atas Dasar Insiden Perez
Sauber Motorsport
Sidepod Sauber C32 Didesain Atas Dasar Insiden Perez

Sidepod Sauber C32 Didesain Atas Dasar Insiden Perez
Sauber Motorsport
Sidepod Sauber C32 Didesain Atas Dasar Insiden Perez
Setiap memasuki musim balap baru, bagi beberapa tim merupakan pekerjaan yang tidak hanya sekedar memilih desain warna untuk mobil F1 mereka, khususnya bagi tim Sauber F1 musim ini. Dari beberapa model mobil F1 terdahulu, pada musim 2013 Sauber F1 mengurangi dimensi dari bagian belakang mobil dan bagian sidepod yang lebih diperketat.

Ada 2 hal perubahan yang paling signifikan pada mobil C23 yakni pada bagian hidung mobil dan bagian sidepod. Sama seperti tim F1 lainnya, tim Sauber F1 menggunakan sistem terowongan angin untuk melihat sejauh mana desain memberikan efek optimal saat kecepatan maksimal.

Designer tim Sauber F1, Matt Morris mengatakan inovasi ini terinspirasi dari kecelakaan Sergio Perez pada tahun 2011, agar hal tersebut tidak terulang kembali, "Perez mengalami kecelakaan cukup buruk di Monako beberapa tahun yang lalu. Hal inilah yang mendasari kami mendesain bagian sidepod lebih terlihat agresif."

Mobil C32 sendiri didesain dengan sistem aero-driven, dimana Sauber F1 perlu memastikan bahwa mobil tersebut masih lulus semua tes wajib keselamatan FIA. Suspensi belakang Sauber C32 juga telah menjadi fokus perubahan.

Tim Sauber F1 masih mempertahankan mesin Ferrari, juga menggunakan versi revisi dari C31 dan dipersenjatai sistem KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang lebih ringan dari Ferrari. Tapi tim akan memastikan kebutuhan pendinginan dari keduanya dapat bertemu dengan ventilasi sidepod yang kecil. Hal itu pasti akan menjadi fokus dari upaya pengujian tim yang dimulai pada Selasa (5/2) besok di Jerez, Spanyol. (otosport.co.id)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa