Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mercedes Pamer Mesin 1,6 Liter V6 Turbocharger Untuk 2014

Bagja - Senin, 14 Januari 2013 | 05:36 WIB
No caption
No credit
No caption


Mercedes-Benz adalah manufaktur yang paling berambisi besar untuk meraih hasil terbaik di musim perdana perubahan regulasi Formula 1 besar-besaran yang bakal terjadi musim 2014 mendatang. Ingin menunjukkan kesiapannya dalam hal tersebut, manufaktur mesin berlogo three stars itu pun mulai melakukan pengetesan dyno dan merilis penampakan foto mesin baru mereka.

Hasilnya cukup mengejutkan, sebab meski mesin mengalami ‘spec down’ alias penurunan spesifikasi, namun dengan teknologi tinggi yang mereka terapkan dan tambahan sistem turbocharger, tenaga yang dihasilkan sama dengan mesin Formula 1 yang ada sekarang ini. Masalah suara mesin yang biasanya jadi ketakutan fans, diklaim tidak akan mengecewakan.

“Mesin ini mengeluarkan suara yang juga sangat melengking, tapi tetap bersahabat bagi fans F1. Jelas frekuensinya akan tetap tinggi, apalagi dibantu turbocharger yang bisa menhasilkan putaran turbin 125.000 RPM. Jika saja anda bisa berada di samping mesin dyno, maka anda akan butuh penutup telinga agar tidak pekak,” ujar Andy Cowell, Managing Director of Mercedes-Benz High Performance Engines.

“Bukan hanya masalah suara, tapi yang utama adalah kualitas mesin untuk balapan. Dimana torsi akan menjadi sangat melimpah, apalagi saat keluar dari tikungan yang akan membuat kami lebih yakin. Jelas ini akan membuat pertarungan di F1 seperti dulu lagi, dimana kekuatan mesin adalah yang utama. Apalagi nantinya sistem Energy Recovery System, durabilitasnya lebih baik,” imbuh Cowell.

Hal ini berbeda dengan yang diungkapkan oleh beberapa pihak tentang mesin yang sama dan dibuat oleh Ferrari. Meski manufaktur berlogo kuda jingkrak itu tidak mempublikasikan mesin baru yang mereka buat, namun mereka sudah melakukan pengetesan. Masalah kompetitifitas sebenarnya bukan jadi masalah, namun suara yang berbeda, membuat mereka sedikit pesimis.

Yah, kita tunggu kelanjutannya! (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa